15 Desember Nanti 65 Anggota DPRD Sumbar Tes Urine

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)
PADANG –  Pada 15 Desember mendatang anggota DPRD Sumbar akan melakukan tes urine. Uji penggunaan narkoba pada wakil rakyat itu akan dilaksanakan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar.
Ketua DPRD Sumbar  Hendra Irwan Rahim, Kamis (1/12) menyatakan dukungan rencana BNNP itu. Tes urine itu perlu demi menunjukkan loyalitas pada peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia.
Apalagi, kata dia, baru-baru ini ada anggota dewan di kabupaten/kota yang tertangkap tangan menggunakan narkoba. Alhasil tingkat kepercayaan masyarakat pada anggota parlemen menjadi berkurang.
Dia menjelaskan tes urine akan diikuti seluruh pimpinan dan anggota DPRD Sumbar. Totalnya 65 orang.
Sekretaris  Dewan DPRD Sumbar, Raflis mengatakan surat resmi dari BNNP tentang pelaksanaan tes urine telah diterima Sekretariat DPRD. Surat itu 18 Oktober 2016.
“Surat tersebut telah kita balas pada 27 Oktober lalu. Karena tes urine ini perlu dihadiri seluruh anggota dewan,” papar Raflis.
Penetapan 15 Desember, sudah disesuaikan dengan agenda kedewanan yang telah disahkan oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Sumbar. Pada hari yang sama, kata dia, akan diadakan rapat paripurna, tes urine akan dilaksanakan sesudah rapat itu. (titi)