20-35 Tahun, Usia Ideal Wanita untuk Hamil dan Melahirkan

Hamil (Foto: Popsugar)

SELAIN menjaga agar kondisi tubuh sehat, usia terbaik bagi wanita untuk hamil pun harus dipertimbangkan. Lantas, berapa usia yang tepat untuk hamil bagi seorang wanita?

Menurut dr Ardiansjah Dara Syahruddin, Sp.OG, usia ideal untuk hamil bagi wanita adalah 20 hingga 35 tahun. Di mana usia secara reproduksi dianggap sudah siap.

“Usia ideal secara reproduktif adalah 20-35 tahun. Walaupun bisa saja lebih mudah daripada itu, seperti 18 tahun. Dari segi organ reproduksi memang bagus tapi secara mental belum siap,” ujar dokter Dara, sapaan akrabnya, yang ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Meski rata-rata wanita di atas usia 35 tahun telah memiliki kondisi kejiwaan dan finansial yang mapan, kondisi fisik mereka umumnya kurang memungkinkan untuk mengandung. Risiko kesehatan bagi ibu dan bayi akan lebih tinggi pada kelompok umur ini.

“Risiko yang dialami banyak sekali. Mulai dari penyakit metabolik, seperti diabetes dan hipertensi, keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan cacat pada bayi (autisme, sindrom Down, dan kelainan bawaan lainnya),” tutur dokter yang melakukan praktik di RS MMRCC Siloam, Semanggi, Jakarta itu.

Oleh karena itu, bagi wanita yang hamil pada usia tersebut, dr Dara menyarankan agar melakukan tes NIPT untuk mengetahui risiko cacat pada bayi saat usia kehamilan. (aci)