20 KK Miskin di Padang Terima Bantuan Rehab Rumah

Anggota DPR asal Sumbar, Mhd Asli Chaidir memberikan penjelasan kepada warga penerima bantuan rehab rumah tidak layak huni
Anggota DPR asal Sumbar, Mhd Asli Chaidir memberikan penjelasan kepada warga penerima bantuan rehab rumah tidak layak huni

PADANG – Sebanyak 20 keluarga miskin di Kota padang mendapatkan bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTLH).

Penerima yang sudah diverifikasi itu bersilaturahim dengan anggota DPR asal Sumbar, MHd Asli Chaidir.  “Tak sekadar silaturahim saja, tapi juga memberikan penjelasan terkait mekanisme rehab rumah agar dalam pelaksanaan benar-benar untuk rehab rumah,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Martias dalam pertemuan yang dimoderatori oleh Hendri Septa (Ketua LSM Paku) itu.

Martias menyebutkan, digolkannya program untuk masyarakat miskinitu adalah berkat perjuangan Asli Chaidir di pusat. Apalagi di DPR, Asli berada di komisi VIII yang bermitra dengan Kementerian Sosial, sehingga berbagai program yang terkait dengan bidang sosial diupayakan terus.

“Alhamdulillah membuahkan hasil. Semoga ke depan, program serupa terus diperjuangan Pak Asli di Senayan sehingga warga Padang kian berkurang memiliku rumah tak layak huni. Kapan perlu dikikis habis sehingga tidak ada lagi, dengan dukungan program,” terangnya.

Dia menyebutkan, usulan nama 20 KK penerima bantuan tersebut, awalnya direncanakan dibantu melalui dana APBN 2015. Namun, karena waktu kasip dan kesiapan kurang matang, akhirnya dikembalikan. Tahun ini bisa dialokasikan kembali berkat dukungan Asli Chaidir di DPR.

Menurutnya, bantuan RS-RTLH itu besarnya per KK Rp15 juta, bertambah Rp5 juta ketimbang tahun sebelumnya yang hanya Rp10 juta. Khusus warga kota, kata Martias, penerima bantuan akan mendapatkan bantuan Rp20 juta, karena dari Baznas Padang menambah Rp5 juta. (pen)