200 Pengacara Siap Dampingi Lima Kader HMI yang Jadi Tersangka

Lambang HMI (net)
Lambang HMI (net)

JAKARTA – Kuasa hukum dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Muhammad Syukur Mandar, telah mempersiapkan 200 pengacara untuk mendampingi lima kader aktif HMI, yang ditangkap dan ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Metro Jaya, Selasa (8/11).

Mereka semua adalah mantan aktivis HMI. “Kami ada hampir 200 pengacara atau tim kuasa hukum yang mendampingi teman-teman HMI. Senior HMI ada banyak, ini saja masih banyak yang mendaftar untuk jadi kuasa hukumnya,” kata Syukur Mandar di Mapolda Metro Jaya

Sebelumnya, kata Syukur Mandar, tadi pagi perwakilan pengacara sudah mengirim surat aduan ke Komisi III DPR RI terkait cara penangkapan yang janggal terhadap lima anggota aktif HMI. Dia menyatakan tidak setuju dengan cara polisi menangkap lima kader HMI.

“Sebenarnya bisa saja dilakukan pemanggilan secara resmi, tak perlu ditangkap dan dijemput seperti itu. Kalau dipanggil resmi, nanti akan kami yang antar kader kami ke polisi dan mendampinginya,” lanjutnya.

Sebelumnya, ia telah mengirim surat aduan ke anggoga DPR RI di Komisi III dari Fraksi PPP. Surat tersebut diterima oleh Arsul Sani yang juga jebolan aktivis HMI.

Selang beberapa jam, sebelum rombongan pengacara datang Asrul lebih dulu mendatangi ruang penyidik dan menjenguk juniornya. (aci)

agregasi okezone1