Berita Singgalang | Padang

2013, Padang Jadi Kota Metropolitan

Tanggal 29 June 2012

PADANG – Tahun 2013, Kota Padang ditargetkan telah menjadi Kota Metropolitan. Saat ini, administrasinya telah direkomendasi pemerintah provinsi dan tengah diproses serta dikaji pemerintah pusat.

USAI LOKAKARYA

Hal itu ditegaskan Walikota Padang, diwakili Sekdako, Emzalmi menjawab wartawan usai membuka ‘Lokakarya Percepatan Padang Menuju Metropolitan’ di Balaikota, Kamis (28/6).
Pada lokakarya yang berlangsung sehari itu diikuti perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas), tokoh masyarakat, lembaga perguruan tinggi, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar didampingi Kabid Data dan Statistik, Maiyulnita mengatakan, salah satu indikator Padang siap dijadikannya sebagai Kota Metropolitan, adalah pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan kemajuan yang pesat pasca gempa 2009 lalu.
Selain itu, akan dibangunnya jalan tol yang dimulai dari Kota Padang, terus ke Bukittinggi hingga Pekanbaru. Kendati demikian, perlu dipersiapkan tiga jalan penyangga utama di Kota Padang seperti jalan pantai Padang, Jl. By Pass dan Jl. Lintas Timur yang tengah dibangun saat ini dari Bungus ke Indarung melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).
Bila Padang menjadi Kota Metropolitan disetujui, maka akan bekerjasama dengan kabupaten/kota tetangga seperti dengan Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kota Pariaman, Kota Solok dan Kota Padang Panjang.
Dikatakan Hervan, tujuan dari lokakarya ini untuk menghimpun aspirasi dan pendapat dari semua kalangan sebagai input untuk mempercepat proses Kota Metropolitan tersebut.
Salah seorang nara sumber, guru besar pembangunan ekonomi perkotaan Unand, Prof. H. Fashbir Noor Sidin mengatakan, menjadikan Padang sebagai Kota Metropolitan merupakan tantangan sekaligus peluang sehingga perlu dirumuskan secara komprehensif dan sistemik serta integralistik karena melibatkan berbagai sektor dalam pengembangan kawasan.
Metropolitan adalah kawasan yang direncanakan pengembangannya melalui prasarana utilitas untuk mendukung fungsinya sebagai pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik, pembudayaan kearifan. Ada empat langkah percepatan yang dilakukan pemetaan potensi dan masalah, pengembangan kawasan, pembuatan grand design pusat sub pusat, penentuan motor pengerak setiap sub pusat, sayembara urban design.
Dijelaskannya, percepatan menuju Padang metropolitan harus dipahami dan diyakini oleh seluruh komponen pemangku kepentingan dengan cara membentuk kelompok kerja melibatkan para ahli pelaksana, pengguna dan pemerhati.
Ditambahkan, keberhasilan program ini bergantung pada kemauan setiap individu untuk berubah dan kemampuan untuk berkarya atas landasan kesadaran yang menjadikannya sebagai gerakan bersama menuju pembaruan totalitas. (103)

Leave a Reply

 
Advertise Here
Advertise Here

Pojok

  • + Gagal pemilu,
    Caleg diceraikan isteri
    - Malang bana nasib, kursi empuk ndak dapek, bini cigin lo
    + Anang tak ambil pusing soal
    perolehan suara
    - Bini si nan dek lai tantu iyo. Kok indak cigin lo mah