3 Hektare Lahan di Pekanbaru Terbakar, Pesawat Pengebom Dikerahkan

PEKANBARU – Tiga hektare lahan di pinggiran Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (10/9) sore sekitar pukul 17.00 WIB terbakar, hingga harus mengerahkan satu unit pesawat pengebom air jenis Air Tractor sebagai upaya penanggulangan.

Anggota tim udara satuan tugas (Satgas) siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Riau, Lettu Sherif Yanuardi di Pekanbaru mengatakan lokasi kebakaran berhasil di lokalisir 30 menit kemudian.

“Keberhasilan itu tidak lepas dari usaha tim gabungan darat dan udara dalam upaya pemadaman,” katanya.

Ia menjelaskan, kebakaran lahan di pinggiran Pekanbaru itu tepatnya terjadi di Jalan Nelayan, RT 05/RW 16 Kelurahan Meranti, Kecamatan Rumbai.

Lahan tersebut berupa semak belukar dan diduga kuat sengaja dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kebakaran lahan di Pekanbaru memang perlu diwaspadai karena berpotensi mengancam aktivitas penerbangan bandara internasional Sultan Syarif Kasim II.

Untuk itu, Satgas siaga darurat Karhutla Riau harus bertindak cepat, salah satunya langsung mengerahkan Air tractor yang mampu memuntahkan 3.100 liter air sekali terbang.

Selain Pekanbaru, pada akhir pekan ini Karhutla juga terpantau di Kabupaten Pelalawan, tepatnya di Kecamatan Teluk Meranti.

Guna menanggulangi Karhutla di wilayah itu, tim udara mengerahkan heli jenis Sikorsky kapasitas 5 ton air dan Air Tractor. “Alhamdulillah, pantauan terakhir titik api di wilayah Pelalawan berhasil diatasi,” ulas Sherif. (aci)

sumber:antara