30 Wartawan Sumbar Jalani UKW


UKW – Tim penguji dengan latar belakang peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat muda. UKW kerja sama PWI Sumbar dengan Polda Sumbar ini diikuti 30 peserta. (sp)

PADANG – Sebanyak 30 wartawan dari berbagai media di Sumatera Barat menjalani Uji Kompetisi Wartawan (UKW) di salah satu hotel berbintang Kota Padang, Jumat (12/1). Mereka terbagi dalam tiga tingkatan, masing-masing muda, madya dan utama.

Para peserta yang datang dari berbagai kabupaten/kota di Sumbar sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Buktinya di antara peserta rela menempuh perjalanan ratusan kilometer dan berangkat dini hari. “Saya berangkat pukul 04.00 dini hari dari Pasaman Barat,” kata seorang peserta, M. Junir.

Ketua Panitia Pelaksana UKW, Sawir Pribadi dalam laporan saat pembukaan kegiatan mengatakan, UKW diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat bekerja sama dengan Polda Sumbar. Jumlah peserta 30 orang terdiri dari 17 tingkat muda, 6 madya dan 7 utama. Mereka adalah para wartawan media cetak, radio, televisi dan online.

Dikatakan, animo wartawan untuk ikut UKW sangat tinggi. Bahkan ketika pendaftaran telah ditutup masih ada yang mendaftarkan diri.

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus mengatakan, semula UKW direncanakan minggu pertama Desember 2017, namun karena kesibukan panitia yang juga terlibat di kepanitiaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diselenggarakan di Sumbar maka, kegiatan tersebut mengalami pengunduran dua kali. “Kita berharap semua peserta lulus dengan nilai memuaskan,” harap Heranof.

Kapolda Sumbar yang diwakili Kabid Humas, Kombes Syamsi mengapresiasi kegiatan UKW tersebut. Dengan demikian, wartawan daerah ini profesional dan berintegritas tinggi. “Lebih dari itu UKW menjadi pembeda dengan wartawan abal-abal.

Kegiatan UKW tersebut dilaksanakan dua hari, hingga Sabtu ini dengan tenaga penguji dari PWI pusat. (arief)

Loading...