352 Balansa Diamankan Polres Agam

Kapolres Agam, AKBP Ferry Suwandi didampingi jajaran lainnya saat menghimpun senjata balansa untuk diamankan dan dimusnahkan nantinya di Mapolda Sumbar, Senin (22 /1). (mursyidi)

LUBUK BASUNG – Sebanyak 352 balansa disita jajaran Polres Agam untuk diamankan dan dimusnahkan nantinya.

Kapolres Agam, AKBP Ferry Suwandi didampingi KBO Satbinmas Iptu Akhiruddin dan jajaran lainnya kepada Singgalang, Senin (22/1) menjelaskan , kegiatan penyitaan ini sudah dilakukan sejak 2006 lalu hingga saat ini.

“Penyitaan senjata tersebut dilaksanakan atas kerelaan pemiliknya dari warga yang berada di 6 kecamatan dalam wilayah Polres Agam,” kata Ferry Suwandi kepada Singgalang.

Pemilik senjata menyerahkan sendiri ke aparat polres di seluruh nagari melalui polsek atau Babin Lamtkmtibmas yang bertugas di daerah tersebut.

Penyitaan yang dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui tempat ibadah, pos polisi, kantor nagari dan lainnya,

Selain itu, Polres Agam juga siap menfasilitasi warga untuk menggunakan senjata api oleh aparat kepolisian ketika dibutuhkan untuk pengangkatan datuk dan jenis acara lainnya sesuai keperluan. Dan tidak lagi mengandalkan senjata balansa untuk dibunyikan saat acara tersebut.

Mudah – mudahan imbauan yang sudah disampaikan sebelumnya dipatuhi secara baik, supaya penggunaan senjata tradisional tersebut tidak lagi beredar di masyarakat. (mursyidi)

BAGIKAN