Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Daerah » 423 Bacaleg Tidak Memenuhi Persyaratan

423 Bacaleg Tidak Memenuhi Persyaratan

(34 Views) May 10, 2013 8:24 am | Published by | No comment

PADANG PARIAMAN

PARIAMAN — Hasil verifikasi KPU Padang Pariaman, dari 469 Bacaleg yang akan dijadikan DCS oleh 12 partai politik, ternyata 423 Bacaleg belum memenuhi persyaratan yang diatur oleh undang-undang dan peraturan KPU itu. Semuanya dikembalikan lagi kepada partai bersangkutan, untuk segera diperbaiki.
Anggota KPU Padang Pariaman, Vifner kepada Singgalang mengatakan, persyaratan yang tidak dipenuhi oleh Caleg dan Parpol itu, mulai dari pengisian BB.8, BB.9, KTP Caleg yang sudah mati, surat kesehatan jasmani dan rohani yang belum dilampirkan, dan ada pula Caleg yang beda namanya dalam KTP dan ijazah.
Bahkan, kata Ketua KNPI Padang Pariaman ini, masih ada Caleg yang belum melegalisir ijazahnya. BB.10 yang menyatakan kesediaan menjadi Caleg pada nomor urut dan daerah pemilihan, juga sebagian besarnya tidak diisi oleh banyak Caleg.
“Anggota dewan terhormat yang pindah partai, nampaknya belum seorang pun yang melampirkan surat pemberhentiannya dari lembaga DPRD. Dan sebagian walinagari yang akan ikut Caleg juga belum melampirkan surat pengunduran dirinya menjadi walinagari. Pokoknya, sekitar 75 persen Bacaleg bermasalah,” kata Vifner.
Menurut dia, KPU memberikan tenggang waktu masa perbaikan untuk melengkapi mana yang kurang itu, mulai dari 9 hingga 22 Mei ini. Lewat dari itu, jangan harap yang bersangkutan akan bisa maju. Kesalahan itu ditemui hampir di seluruh partai politik.
Wakil Ketua DPD Asosiasi LPM Kabupaten Padang Pariaman, Bagindo Ruswan Tanjung mengharapkan, semua kekurangan tersebut bisa dipenuhi oleh Bacaleg dan Parpol bersangkutan, sesuai tenggang waktu yang diberikan KPU.
“Seandainya tak bisa dipenuhi, inilah gambaran umum dari calon wakil rakyat Padang Pariaman, yang tak mampu mengurus dirinya sendiri. Tentu terpulang kepada masyarakat, apakah yang bersangkutan layak untuk dipilih?,” tanya mantan Wakil Ketua DPD KNPI Padang Pariaman zaman Muslim Zen itu.
Menurut dia, persoalan yang akan dihadapi semakin hebat dan komplik. Untuk ini, Bacaleg tak boleh main-main dalam hal itu. Sebab, Bacaleg adalah cerminan awal dari yang bersangkutan ketika telah berhasil duduk mewakili rakyat. “Kita patut acungkan jempol pada Caleg yang diawal-awal telah mampu memenuhi semua persyaratan untuk mengantarkan dirinya duduk di DPRD. Berarti mereka memang serius untuk menjadi wakil dari rakyat yang akan memilihnya,” kata Ruswan yang pernah jadi DCT pada Pemilu 1997 dari Golkar ini. (525)

Categorised in: ,

No comment for 423 Bacaleg Tidak Memenuhi Persyaratan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>