437 Pengendara Ditindak Selama Operasi Zebra 2016 di Padang

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

PADANG – Sedikitnya 437 pengendara ditindak polisi dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2016 di sejumlah lokasi di Padang sejak 16 November lalu.

Penindakan berupa tilang itu sebagian besar diberikan kepada pengendara yang kebanyakan tertangkap tangan tak menggunakan helm, yang jumlahnya mencapai 183 kasus.

“Pelanggaran ini didominasi pengendara kendaraan roda dua berupa tindakan tidak menggunakan helm ketika berkendara,” kata Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Sumintak, Senin (21/11).

Ia menilai kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas masih rendah dan jauh dari yang diharapkan. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang mendapatkan surat tilang karena tidak mematuhi aturan yang ada.

Selain itu pelanggaran adalah berkendara melawan arus, menerobos lampu lalu lintas dan dokumen kendaraan yang tidak lengkap. Ia menegaskan untuk pelanggaran-pelanggaran itu pihaknya langsung menindak tegas tanpa kecuali.

Hal ini bertujuan untuk menimbulkan efek jera bagi para pengendara. “Diharapkan masyarakat bisa mematuhi aturan lalu lintas yang tentunya berdampak pada keselamatan jiwanya dalam berkendara,” terang Sumintak. (arief)