Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Jarang Olahraga

Ilustrasi (grosiramazonplus.com)
Ilustrasi (grosiramazonplus.com)

OLAHRAGA sebenarnya bukan aktivitas fisik yang sulit dilakukan. Tak perlu berlama-lama asal rutin dilakukan, maka banyak manfaat yang bisa dirasa.

Coba simak lima hal berikut yang akan terjadi pada tubuh Anda jika jarang atau bahkan tidak pernah olahraga. Dikutip Thelist, berikut pemaparan selengkapnya, Jumat (18/11/2016).

Ngidam junk food

Mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah olahraga rata-rata tidak mempedulikan apa pun yang disantapnya. Entah makanan tersebut sehat atau tidak, yang penting rasanya enak dan mereka suka itu.

Misalnya saja pada junk food yang sering kali rasanya membuat nagih tapi sebenarnya tidak sehat bagi tubuh. Mereka yang jarang olahraga membuat mereka lebih sering ngidam junk food.

Tidur tidak nyaman

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa satu dari tiga orang dewasa di Amerika Serikat tidak memiliki waktu istirahat yang cukup dan membuatnya selalu merasa gelisah pada malam hari.

Perlu diketahui, untuk mengatasi masalah tidur ini. Cara terbaiknya adalah dengan olahraga secara teratur. Olahraga sudah terbukti meningkatkan kualitas tidur seseorang, mengontrol berat badan, memperbaiki kesehatan dan banyak manfaat baik dari olahraga secara teratur.

Cepat lelah

Olahraga secara teratur dapat melatih fungsi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) jadi lebih baik, meningkatkan kesehatan paru-paru. Mereka yang sudah terbiasa olahraga secara teratur tidak akan mengalami cepat lelah, karena kapasitas olahraga tersebut dapat membuat tubuh lebih baik dalam menyerap oksigen sehingga tak membuatnya cepat lelah.

Metabolisme tubuh melambat

Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan melambat. Namun Anda bisa menghindari masalah ini dengan olahraga secara teratur diusia produktif. Penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi metabolisme.

Cepat pegal

Semakin sering anggota tubuh bergerak aktif, maka dapat mengindari cedera otot ringan seperti pegal, terkilir, dan keram jika melakukan aktifitas dadakan seperti mengejar angkutan umum, berlari karena terlambat ke kantor dan kegiatan sehari-hari yang perlu kekuatan fisik.

Jika seseorang rajin olahraga, fungsi ototnya akan bekerja maksimal, lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kondisi gerakan mendadak serta meningkatkan kebugaran fisik. (aci)

agregasi okezone1