6 Juta Ha Benih Padi Unggulan Disiapkan untuk Ekspor

Ilustrasi. (okezone)
Ilustrasi. (okezone)

BOYOLALI – Pemerintah menyiapkan benih padi unggulan yang dapat mencakup sekitar 6 juta hektare (Ha) padi unggulan untuk diberikan kepada petani Indonesia secara subsidi maupun cuma-cuma.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan, benih unggulan teknologi padi jajar legowo (jarwo) super yang disiapkan untuk empat juta hektare diberikan secara subsidi sedangkan benih untuk dua juta hektare diberikan gratis.

Varietas benih padi yang akan diberikan ialah varietas inpari 33 yang rencananya akan disebarkan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah perbatasan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Amran menjelaskan potensi ekspor komoditas beras di wilayah perbatasan sangat mudah karena memiliki keuntungan geografis yang berbatasan dengan negara lain.

“Ini harus kita kembangkan, karena kita pasti bisa memenangi persaingan. Tinggal lempar (saja) menyeberang sudah ekspor, negara lain butuh waktu satu hingga dua minggu baru sampai,” kata Amran di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2016).

Uji coba benih padi jarwo super di Desa Trayu, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali yang hanya pada lahan 100 hektare akan dikembangkan ke seluruh Indonesia karena bisa mendongkrak produksi beras nasional. Benih inpari 32-33 bisa mendongkrak produksi beras hingga dua kali lipat dari hasil panen biasanya.

Amran menyebutkan, lahan pertanian padi di Indonesia berpotensi memenuhi kebutuhan beras di wilayah Asia Tenggara bahkan Asia apabila seluruh lahan sawah yang ada menggunakan benih teknologi Padi Jarwo Super yang bisa melipatgandakan hasil produksi. (lek)

agregasi okezone1