Ada Peristiwa, Laporkan Melalui Aplikasi yang Diluncurkan Polresta Padang Ini

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Integrated Quik Respon (IQR) yang dibuat Polresta Padang disambut baik Kapolda dan Gubernur Sumbar, karena aplikasi tersebut berguna dalam pelayanan dan memberikan keamanan pada masyarakat.

“Aplikasi melalui ponsel android ini bisa memberikan pelayanan cepat dan moderen serta bisa diakses seluruh masyarakat,“ ujar Kapolda Brijen Basarudin ketika me-launcing aplikasi IQR di Mapolda, Jumat (28/10).

“Atas nama pribadi dan Polda Sumbar saya memberikan apresiasi atas kinerja Polresta, mudah-mudahan ini dapat ditiru oleh Polres lain,” lanjut Basarudin.

Sementara Irwan Prayitno juga mengapresiasi kinerja Polresta Padang karena telah membuat aplikasi pelayanan online yang modern.

Kapolresta Padang, Kombes Chairul Azis menyebutkan aplikasi tersebut memudahkan akses masyarakat dalam memberikan informasi suatu kejadian dengan mengirimkan SMS atau foto kejadian.

“Setelah dikirimkan, pihak terkait segera merespon laporan dengan mendatangi kejadian. Misalkan pohon tumbang, masyarakat silakan foto dan kirim ke aplikasi IQR dengan menuliskan alamat lengkap lokasi kejadian. Informasikan yang dikirimkan langsung masuk ke Polresta dan instansi terkait lainnya,” tuturnya.

Setelah mendownload aplikasi IQR, masyarakat diharuskan registrasi identitas diri dan kemudian dapat memilih fitur sesuai dengan kejadian yang akan dilaporkan.

Di dalam aplikasi itu ada berbagai pilihan, seperti kriminalitas, lalu lintas (kemacetan dan kecelakaan), bencana alam, konflik sosial (tawuran pelajar, perkelahian antar kelompok), dan kebakaran. Masyarakat bebas memilih fitur tersebut sesuai dengan apa peristiwa kejadian yang dilihat.

Aplikasi itu terkoneksi dengan Pemko, Korem 032/Wirabraja, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, Jasa Rahaja, PLN dan Kodim 0312/Padang.(guspa)