Aksi Pria Bertelanjang Incar Perempuan Makin Resahkan Warga Surian

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

AROSUKA – Aksi orang aneh yang meresahkan masyarakat Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok makin meningkat. Sosok pria telanjang dengan memakai tutup kepala yang kerap muncul pada malam hari, belakangan semakin berani melakukan aksi tidak senonohnya pada siang hari.

Akibatnya, ketakutan warga makin menjadi-jadi  karena mengancam keselamatan remaja puteri dan perempuan hamil di daerah itu.

Informasi yang dihimpun, Rabu (30/8) sosok pria aneh itu masuk ke rumah-rumah warga yang memiliki anak gadis. Kejadian ini sudah berlangsung lebih sebulan ini. Tetapi sekarang sudah semakin nekad, karena sudah berani melakukan aksinya pada siang hari.

“Saya mendapat laporan kejadian serupa di Jorong Tambang. Sosok tidak dikenal iniberaksi siang hari  dengan memaksa melucuti pakaian korbannya. Tetapi ketika diketahui orang banyak, dia kabur dan menghilang,” kata pemuka masyarakat Pantai Cermin, Azwirman yang juga anggota DPRD Kabupaten Solok itu.

Anggota komisi C dari Fraksi Nasdem itu memperkirakan pria tak dikenal itu diduga tengah mempelajari ilmu hitam. Salah seorang korban yang sempat meronta saat dikerjai mengaku melihat langsung  wajah tiga orang aneh yang hendak berbuat jahat kepadanya.

Mengantisipasi keadaan demikian, pada malam hari para ibu dan anak-anak sejak dua pekan terakhir tidur berkelompok di rumah-rumah. Sementara kaum lelaki, para suami dan pemuda melakukan ronda malam di lingkungan masing-masing.

Tokoh pemuda Surian yang juga anggota DPRD Kabupaten Solok Harri Prasweri mengakui kondisi yang sama. Sejauh ini masyarakat dan pemerintah nagari setempat belum bisa meredakan suasana dari kecemasan. “Kita bahkan sekarang telah menggelar wirid-wirid pengajian agama agar masyarakat menjadi tenang,” sebutnya.

Salah seorang ibu rumah tangga, Rita (48), mengaku cemas dengan perbuatan orang aneh yang disebut juga sebagai kolor ijo.

“Tadi sudah ada korban yang dilarikan ke Puskesmas karena mengalami luka lecet di kakinya,” ucap Rita sambil mengirim foto keresahan warga saat berdatangan ke Puskesmas Surian.

Camat Pantai Cermin Syaiful Anwar terus mengimbau warganya agar meningkatkan kewaspadaan dan menjaga anak gadis agar jangan dibiarkan tidur sendirianMeski isu yang berkembang semakin tidak jelas, tetapi penjagaan lingkungan harus lebih diperketat.

Sebelumnya, Kapolres Solok AKBP Reh Ngenana melalui Wakapolres Kompol El Lase mengingatkan penjagaan lingkungan agar ditingkatkan melalui ronda-ronda malam. Pihaknya telah menambah 10 orang personel melakukan pengamanan bersama anggota Polsek Pantai Cermin. (rusmel)