Alasan Anda Suka Mengalami Cegukan

Atasi cegukan dengan minum air putih (Foto: Testube)
Atasi cegukan dengan minum air putih (Foto: Testube)

MENGAPA kita suka mengalami cegukan? Lalu, kenapa cegukan dapat pergi jika kita minum air putih atau menahan napas? Berikut penjelasannya. Cegukan terjadi ketika diafragma, yang memisahkan rongga dada dan perut tiba-tiba kontraksi dan berulang-ulang.

Kontraksi tiba-tiba dan kuat dari otot pernapasan ini cepat menghisap udara yang menutup pita suara, sehingga muncul atau terdengar suara “hik”. Mekanisme yang mendorong terjadinya cegukan masih kurang jelas. Pemahaman saat ini adalah iritasi saraf tertentu, seperti saraf vagus, memicu siklus refleks cegukan yang berulang-ulang yang memicu kontraksi diafragma. Banyak tindakan fisik yang diusulkan untuk mengobati cegukan didasarkan pada prinsip menganggu siklus ini.

Termasuk minum air dingin yang merangsang saraf vagus dan menahan napas untuk mencegah kontraksi berulang-ulang. Cegukan sebenarnya sangat umum dan biasanya sembuh secara spontan tanpa efek merugikan jangka panjang.

Penyebab paling umum adalah peregangan perut dari makan makanan besar, mengambil minuman berkarbonasi atau menelan udara. Pada kesempatan langka, ketika cegukan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 48 jam, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Karena, mungkin hal tersebut disebabkan oleh masalah medis yang lebih serius, seperti asam refluks, infeksi atau kanker. Demikian penjelasan dari Dr Wang Yu Tien, Konsultan Departemen Gastroenterologi dan Hepatologi, dari Singapore General Hospital, yang dikutip Asiaone, Minggu (30/10/2016). (lek)

agregasi okezone1