Alat Berat Dibutuhkan untuk Singkirkan Material Longsor, Operator Tak Ada

Warga bahu-membahu membersihkan material longsor (waitlem)
Warga bahu-membahu membersihkan material longsor (waitlem)

AROSUKA – Longsor di Aia Batumbuk, Gunung Talang, Kabupaten Solok menyebabkan putusnya jalur Lubuak Selasih-Alahan Panjang, Selasa (15/11) malam.

Dua warga Jorong Sangkak Puyuah, Anatasia (39) dan Rafli (20) dilaporkan tertimbun longsoran denga ketinggal sekitar tiga meter dan panjang sekira 25 meter.

Rafli berhasil dievakuasi warga setempat yang melakukan pencarian dengan peralatan seadanya. Korban ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri. Sementara Anatasia masih dalam pencarian.

Wali Nagari Aie Batumbuak, Roni Buswandi menyebutkan pihaknya sudah meminta bantuan alat berat ke Unit Pelayanan PU di Lubuak Selasih, tetapi petugas di sana menjawab tidak ada operator.

“Kami membutuhkan bantuan alat berat. Saya sudah berusaha meminta bantuan ke Lubuk Selasih, tetapi jawaban yang diterima tidak ada operator alat berat,” lanjutnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Soni Sondra mengku telah mengerahkan petugas BPBD dan Damkar untuk memindahkan material longsor dan mencari korban yang masih belum diketahui nasibnya itu.

“Petugas kita sudah turun ke lokasi, termasuk 1 unit mobil Damkar untuk membantu menembak timbunan longsor agar mudah dipindahkan,” kata Soni. (rusmel)