Alternatif Olahraga yang Aman bagi Penderita Hipertensi

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

BEROLAHRAGA secara teratur mampu mengontrol tekanan darah Anda. Olahraga kecil saja sudah bisa menurunkan risiko meningkatkan tekanan darah, seperti misalnya joging atau jalan santai sore hari.

Nasihat semacam ini tentunya sudah sangat familiar di telinga para penderita hipertensi. Bagi Anda yang stres mendengar nasihat tersebut, tenang Anda tidak sendiri. Banyak penderita hipertensi yang merasakan hal yang sama. Bahkan, bagi sebagian orang, mendengar pernyataan tersebut membuat tekanan darahnya malah naik. Ya, karena stres.

Namun, dikutip dalam Buku 49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah karya Dokter Spesialis Hipertensi dr Yoshihiko Watanabe, ada olahraga yang mungkin sama sekali tidak membuat Anda stres. Dilakukannya pun tidak mesti ke tempat kebugaran tubuh atau Anda harus membeli barangnya melalui toko alat olahraga.

Turun tangga adalah jawabannya. Dengan melakukan aktivitas tersebut, setidaknya tubuh Anda bergerak, walau jaraknya pendek bahkan bisa dikatakan Anda hanya turun 5 anak tangga. Beralih meninggalkan lift adalah keputusan yang tepat. Lalu, kenapa tidak sekalian naik tangga juga?

Dr Watanabe menyatakan, orang sesehat apapun akan merasa suatu beban mental bila harus naik tangga. Sedangkan turun tangga tidak menimbulkan efek demikian. Efek olahraga dari naik maupun turun tangga adalah sama. Jadi, daripada tidak menggerakan badan, turun tangga bisa jadi pilihan yang tepat.

Mungkin, untuk pertama-tama lakukanlah sesering mungkin pada tangga turun di suatu tempat. Misalnya saja Anda yang memiliki rutinitas menggunakan kendaraan umum. Bila di sana tersedia anak tangga dan eskalator, jangan segan untuk memilik turun tangga. Pilihan kecil tersebut adalah revolusi besar yang akan membawa Anda ke kehidupan yang lebih sehat. (aci)

agregasi okezone1