Alumnus Tanoto Foundation Aksi Sosial di Pulau Pasumpahan

Para alumni beasiswa Tanoto Foundation menandatangi deklarasi cinta lingkungan (ist)
Para alumni beasiswa Tanoto Foundation menandatangi deklarasi cinta lingkungan (ist)

PADANG – Alumnus penerima beasiswa Tanoto Foundation (TF) menggelar aksi sosial di Pulau Pasumpahan, Padang, Sumatera Barat, Jumat-Minggu (16/10). Kegiatan yang bertajuk Alumnus Gathering tersebut ditandai dengan penandatangan deklarasi peduli lingkungan.

Puluhan mantan penerima beasiswa Tanoto Foundation itu sebelumnya sudah menamatkan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Riau, Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Akademi Teknik Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung dan Universitas Lancang Kuning Riau.

Alumnus yang sudah bekerja di ragam perusahaan itu kembali berkumpul untuk menyatakan dukungan penuh atas salah satu kebijakan utama Tanoto Foundation yakni hidup selaras dengan alam, dengan memerhatikan lingkungan hidup.

Pertemuan yang dimuati forum diskusi itu kemudian juga bergerak ke aksi edukasi seperti membagikan stiker ‘peduli lingkungan’ kepada pengunjung objek wisata. Lebih dari 50 alumni juga terlibat dalam memberikan penyuluhan bertopik pentingnya menjaga kelestrarian alam. Mereka memelopori memberishkan sampah di sekitar lokasi.

Kegiatan ini secara perlahan juga diikuti ratusan pengunjung yang kemudian secara bersama-sama memunguti sampah di lokasi wisata tersebut. Puncak acara adalah deklarasi Peduli Lingkungan disusul pembubuhan tanda tangan di bentang selembar kain putih

Ketua Panitia gathering, Febri Harianto mengiformasikan kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama pihak Yayasan Bhakti Tanoto Foundation dan Manajemen PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). “Program memang dirancang untuk tak sekadar bersilaturahim atau berdiskusi namun juga melakukan aksi nyata dalam mengampanyekan pentingnya menjaga lingungan,” ujarnya.

Salah satu peserta, Jayanti Primades menilai gatehring lebih terasa bermakna seiring peserta yang berupaya menularkan semangat cinta lingkungan kepada publik. Ia berharap program serupa dirancang secara berkala dan di lokasi berbeda-beda, sebagai bentuk kepedulian atas lingkungan dan sesama.

“Jadi tak sekadar mempererat silaturahim antar alumnus penerima beasiswa Tanoto Foundation, namun juga memberikan masukan dan aksi nyata,” ujar karyawan Bussiness Continuous Improvement Department PT RAPP itu.

Riau Representation Tanoto Foundation, Asri menyebutkan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Disampaikan meski peserta sudah bekerja di beragam institusi namun masih merasa penting meluangkan waktu.

“Para alumnus penerima beasiswa Tanoto Foundation ini waktu kuliah memiliki prestasi membanggakan. Salah satu yang harus mereka pahami sebelum memperoleh beasiswa adalah bentuk-bentuk kepedulian terhadap lingkungan sebagaisalah satu yang sangat ditekankan Bapak Sukanto Tanoto,” ucap Asri.

Talent Management RAPP, Bumantara Gani menyatakan selain peduli lingkungan, para peserta juga memperoleh edukasi tentang info terbaru soal lingkungan hidup, termasuk perubahan iklim. (*)