Anak Buah Tersangka Pungli, Kadisnak Keswan Segera Diperiksa Polda

Mapolda Sumbar (dok)
Mapolda Sumbar (dok)

PADANG – Polda Sumbar dijadwalkan memanggil Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kadisnak Keswan) Sumbar, Erinaldi untuk penyidikan dugaan pungutan liar (pungli) dengan tersangka Syamsurizal, Kasi Klinik Hewan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Laboratorium Klinik Kesehatan Hewan.

Direktur Reskrimsus Polda Sumbar, Kombes Margiyanta, Kamis (24/11) mengatakan Erinaldi bakal diperiksa sebagai saksi. Pasalnya, dugaan pungli itu diduga telah berlangsung tiga tahun itu, dan berkemungkinan besar kepala dinas mengetahuinya.

Dijelaskan, semua pihak yang berkaitan dengan kasus tersebut akan diperiksa, termasuk kepala bidang (Kabid). Selain melengkapi berkas perkara, pemanggilan itu juga untuk memastikan apakah yang bersangkutan terlibat dalam praktik pungli tersebut. “Dalam waktu dekat akan kita panggil Kadisnya,” lanjut Margiyanta.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, rata-rata per hari hasil pungli yang diperoleh berkisar di atas Rp1 juta. Polisi juga tengah menyelidiki aliran dana tersebut. Hingga saat ini sudah 12 saksi diperiksa penyidik. (guspa)