Anak Harimau Dahan Bikin Geger Warga Limapuluh Kota

Anak harimau dahan. (*)
Anak harimau dahan. (*)

SARILAMAK – Anak harimau dahan, muncul di sawah penduduk batas Taram, Harau dengan Andaleh, Luhak, Sabtu (29/3) pagi. Peristiwa ini membuat geger masyarakat di kedua nagari.

Kabar penemuan anak harimau itu, mulanya didapat Singgalang dari akun Facebook Yhaty Melodi. Yati yang mantan wartawati di salah satu surat kabar di Sumbar memposting, foto-foto anak harimau yang mengalami sedikit pendarahan di bagian mulutnya digendong warga.

“Pagi ini sekitar pukul 07.30 , saya dan suami saya berangkat kerja seperti biasanya dari Mungo (Luhak). Setibanya di jalan lurus Andaleh-Taram (kami menyebutnya jalan sawah tangah), saya melihat orang-orang berkerumun di tepi jalan. Awalnya saya mengira ada kecelakaan,” kata Yhati, di akun FB nya.

Kesaksian Yhati, seseorang dari masyarakat yang berkerumun tersebut, menggendong seekor anak harimau (sepertinya memang anak harimau karena ada bintik-bintik seperti harimau pada kulitnya,-red).

“Mulutnya sedikit berdarah. Kata orang tersebut, mereka menemukan anak harimau itu di tepi sawah dan dalam keadaan linglung. Saya dan suami saya sempat mengabadikannya dalam gambar di bawah,” sambung Yhati Melodi.

Yhati mengaku, anak harimau tersebut dibawa oleh seorang ibu-ibu. “Saya tidak tahu siapa dan di mana alamatnya. Kawasan Sawah Tangah memang kawasan yang sepi. Namun selama ini tidak pernah terdengar satu kalipun kabar kalau di sana ada harimau,” sambung Yhati lagi.

Informasi yang didapat Singgalang dari lokasi kejadian, tidak jelas siapa nama petani yang pertama kali menemukan harimau tersebut. “Jadi, tadi saat hendak ke sawah, orang sudah ramai saja. Kami lihat, ada anak harimau berjalan. Kemudian, kami tangkap,” cerita Ujang, salah satu warga.

Sejumlah aparatur nagari di Taram maupun Andaleh, membenarkan peristiwa tersebut. “Iya, kemarin pagi ada kejadiannya. Tapi, itu ada yang bilang kucing hutan dan ada lagi yang katakan harimau dahan. Semoga tidak ada induknya,” cemas aparatur dan warga.

Hingga saat ini, tidak jelas lagi kemana anak harimau itu perginya. Di sejumlah akun facebook, kabar penemuan anak harimau yang sempat diselamatkan warga itu, menjadi viral. Malahan, petugas terkait diminta menelusuri keberadaan binatang tersebut. (bayu)