Anak Kerbau Berkepala Dua Hebohkan Payakumbuh

Anak kerbau berkepala dua di Payakumbuh (bule)
Anak kerbau berkepala dua di Payakumbuh (bule)

PAYAKUMBUH – Rumah Potong Hewan (RPH) di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh Barat heboh. Pasalnya, sejumlah tukang jagal alias tukang potong hewan yang bekerja di RPH itu, Rabu (28/9), dikejutkan dengan lahirnya seekor anak kerbau berkepala dua.

Informasi yang diperoleh dari petugas RPH Hendri, anak kerbau berkepala dua tersebut berhasil dikeluarkan, setelah induknya disembelih untuk menyelamatkan anak kerbau tersebut.

Menurutnya, kaki anak kerbau berkepala dua itu sudah keluar dari bibir rahim. Sedangkan bagian badan dan kepalanya masih berada di dalam rahim induknya.

“Untuk menyelamatkan anak kerbau tersebut, terpaksa induknya disembelih. Induk kerbau yang memiliki anak berkepala dua itu dibeli dari seorang toke ternak bernama Otok pada Selasa (28/9) di Nagari Batuhampa, Kecamatan Akabiluru, Limapuluh Kota.

Namun sayangnya, setelah induk kerbau tersebut disembelih untuk menyelamatkan anaknya, ternyata kondisi anak kerbau juga telah mati ketika masih berada di dalam perut induknya,” ujarnya.

Bangkai anak kerbau berkepala dua itu telah dibawa ke Dinas Peternakan Payakumbuh. “Kabarnya, anak kerbau berkepala dua itu akan diawetkan oleh pihak Dinas Peternakan,” ungkap Hendri.

Sementara Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Payakumbuh Usfa Harianty, anak kerbau berkepala dua itu akan menjadi kajian Dinas Peternakan. (bule)