Api Masih Membesar, Kebakaran Hutan di Sijunjung Dekati Pemukiman

SIJUNJUNG – Kebakaran hutan yang terjadi di Bukit Bara, Kanagarian Palangki, Kecamatan IV Nagari, Sijunjung sejak pukul 15.30 WIB sampai malam ini terus membesar. Petugas pun terus berupaya memadamkan api terutama yang mendekati permukiman warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung Hardi Wan menjelaskan, sampai malam ini BPBD, TNI, Polri dan masyarakat masih berjibaku memadamkan api.

“Api terus membesar dan lahan sudah terbakar sekitar 2 hektare lebih, yang dilakukan saat ini memadamkan api yang menjalar ke permukiman warga yang berjarak 400 meter,” ujarnya kepada Okezone, Selasa (13/9)

Sumber api di atas bukit dan susah dijangkau pemadam kebakaran. Sementara mobil pemadam kebakaran sudah siaga di pinggang bukit.

“Untuk menjangkau ke lokasi petugas gabungan ini memadamkan api secara manual menggunakan semprot air di punggung, ada juga memakai peralatan seadanya,” katanya.

Menurut Hardi, yang sangat diantisipasi api menjalar ke pemukiman sebab disana banyak sarana umum, sekolah pesantren, masjid dan rumah warga. “Keuntungan saat ini angin tidak mengarah ke timur sebab di sana arah perumahan warga,” tutupnya.(aci)

agregasi okezone1