Arab Saudi Naikkan Biaya Visa Haji dan Umrah yang Kedua Kali Mulai Besok

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

RIYADH – Arab Saudi dilaporkan akan segera menaikkan biaya visa bagi mereka yang ingin melakukan ibadah haji dan umrah.

Informasi itu disampaikan Dewan Menteri yang dipimpin Putra Mahkota Muhammad bin Naif. Aturan terbaru Arab Saudi menyebutkan setiap orang yang ingin mengunjungi Arab Saudi guna keperluan ibadah haji kedua kalinya akan dikenakan biaya sekira SR2.000 untuk setiap kali kunjungan.

Biaya serupa juga bakal dikenakan terhadap warga yang ingin melaksanakan ibadah umrah untuk kedua kalinya.

Kendati demikian, biaya visa untuk kunjungan pertama melakukan ibadah haji masih digratiskan. Berdasarkan aturan tersebut, biaya kunjungan umum juga ditingkatkan menjadi SR200 untuk visa selama dua bulan dan SR300 untuk kunjungan selama tiga bulan.

Sebagaimana dilansir Independent, Sabtu (1/10), peraturan ini akan segera diberlakukan pada Minggu 2 Oktober 2016. Dengan diberlakukannya aturan ini, setiap umat Islam diharapkan dapat melaksanakan ibadah haji satu kali selama hidupnya.

Selama ini Arab Saudi memberlakukan kuota terbatas terhadap sejumlah Muslim yang ingin melakukan ibadah haji. Tujuannya untuk mencegah terlalu banyak orang mengunjungi Mekkah dan kota suci lainnya di Madinah di saat bersamaan.

Tarif baru visa ini seiring Arab Saudi yang tengah berjuang menghadapi perlambatan ekonomi akibat pendapatan minyak yang terus menurun. Selama pertemuan negara-negara OPEC di Algiers, Arab Saudi dan 11 anggota lainnya sepakat memangkas produksi minyak. (aci)

agregasi okezone1