Asman Abnur Layak Pimpin IKA Unand

PADANG – Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Novrihandri  yang juga Direktur Keuangan PT Angkasa Pura I mengatakan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan &RB) Asman Abnur layak memimpin IKA Unand periode berikutnya.

Ia menilai, Asman merupakan sosok penting bagi alumni. Kiprahnya di level nasional sedikit banyak meng-upgrade popularitas Unand di kancah nasional pada berbagai sektor.

Sebagai alumni yang memiliki jaringan luas dan kapabilitas yang teruji, tentunya Asman layak untuk diusung sebagai Ketua Umum DPP IKA Unand pada periode mendatang.

“Ia punya integritas. Nama Unand akan ikut terangkat karena melekat dalam kesehariannya. Karenanya, kami dari IKA FE Unand mengusung Asman Abnur melanjutkan kepemimpinan IKA Unand ke depan,” katanya.

Asman Abnur mengatakan, Unand  termasuk alumni, bisa mengambil peran mengembalikan kejayaan Sumatera Barat seperti di era sebelumnya sebagai daerah industri pendidikan  dan kesehatan.

“Pada peran kesehatan, Unand yang bakal memiliki rumah sakit universitas bisa memberikan contoh baik tentang pengelolaan rumah sakit yang hospitality,” kata saat berbincang dengan Rektor Unand Tafdil Husni dan Ketua Harian DPP IKA Unand Yunisfar,  Ketua IKA FE Unand Novrihandri  dan Sekretaris II IKA FE Teddy Alfonso di Padang, baru-baru ini.

Menurut Asman yang alumni Fakultas Ekonomi Unand, rumah sakit itu harus mencitrakan bukan sebagai tempat orang sakit. Kesan inilah yang harusnya ikut didorong oleh Unand untuk bisa tampil mengembalikan warna di Sumbar, termasuk dalam hal pendidikan

“Dulu di Sumatera Tengah, kita adalah pusat untuk pelayanan kesehatan. Setelah daerah sekitar melakukan perbaikan, Sumbar tak lagi dilirik. Seperti Malaysia, calon pasien bahkan sudah dijemput di bandara untuk memberikan kemudahan,” sebut putra Pariaman yang pernah menjadi Wakil Walikota Batam.

Bidang kesehatan merupakan ikon penting di Sumbar. Perguruan tinggi di Sumbar menjadi tujuan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Namun sayang, seiring waktu hal ini luntur seiring kawasan sekitar juga ikut mengembangkan sektor pendidikan.  Asman selama kuliah di Unand aktif dalam bidang organisasi seperti di senat mahasiswa hingga lulus pada 1990.

Ketua Harian DPP IKA Unand Yunisfar menginformasikan, pihaknya sudah memiliki data yang cukup dari jebolan alumni. Ada sekitar 190 ribuan alumni Unand yang berkiprah di berbagai bidang di dalam dan luar negeri. (rahmat)