Banjir dan Longsor Tutup Akses Padang-Painan

Ilustrasi (net)

PAINAN – Hujan lebat sejak pagi mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa lokasi di Pesisir Selatan, Senin (27/11).

Luapan Batang Tarusan menyebabkan pemukiman warga terendam. Bahkan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa di beberapa titik, seperti di Jongah, Kenagarian Duku Selatan, Pasar Minggu, Kenagarian Duku, Ikan Larangan Barung Barung Belantai Tengah.

Bahka melumpuhkan arus lalu lintas. Antrean kendaraan dari arah Padang dan sebaliknya mencapai 4 kilometer. Kondisi ini terjadi semenjak pukul 16.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan sejauh ini kerugian warga masih belum bisa dipastikan.

Selain banjir, longsor juga melanda daerah Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan pukul 16.00 WIB yang menutupi badan jalan. Untuk menyingkirkan longsor telah diturunkan alat berat dari arah Padang dan Painan.

Sekretaris BPBD Pessel, Khairul Effendi menyebutkan personil dilengkapi perahu karet diturunkan ke lokasi untuk membantu evakuasi warga. Kemudian alat berat dari arah Padang dan arah Painan juga diturunkan ke lokasi , namun sulit untuk mencapai lokasi longsor karena terhambat kemacetan kendaraan dan tingginya banjir di beberapa lokasi.

“Tetapi kita telah menurunkan tim dan armarda untuk bisa sampai di lokasi dan mengevakuasi warga jika ketinggian air semakin tinggi,” ungkapnya. (son)