Bantuan Logistik dan Air Bersih Terus Disalurkan untuk Korban Banjir

Sejumlah siswa tengah membersihkan kelas mereka. (bayu)
Sejumlah siswa tengah membersihkan kelas mereka. (bayu)

PADANG –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, fokus kegiatan tanggap darurat pada Sabtu (11/3), terus melakukan distribusi bantuan dan air bersih.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, pemberian  pelayanan kesehatan pasca banjir serta  pembersihan lingkungan terus dilakukan.

“Saat ini  68 objek fasilitas umum telah selesai dibersihkan,” katanya.

Berdasarkan peninjauan langsung di lapangan oleh tim BNPB dan diketuai oleh Direktur Bantuan Darurat, daerah yang terisolir sudah terbuka akses, kondisi sudah mulai stabil. Kondisi masyarakat kondusif, aman, terkendali dan mulai beraktivitas normal.

Karena situasi mulai normal, maka Heli BNPB, hari ini kami tarik ke Jakarta krn sdh tidak diperlukan lagi.

Selain itu, pencarian korban akibat longsor telah dihentikan sejak Kamis (9/3) . Total korban meninggal dunia 8 orang   (6 akibat longsor, 1 akibat hanyut, dan 1 bayi ).

Jalan putus di Km 187 sudah bisa dilalui kendaraan besar sehingga jalur distribusi untuk ekonomi sudah bisa berjalan. Sekitar  99 persen wilayah terdampak bencana banjir dan tanah longsor di kab lima puluh kota telah kembali dapat teraliri aliran listrik. (rahmat)