Baru 5 Partai Baru Daftar ke Kesbangpol

Bendera Parpol (net)
Bendera Parpol (net)

PADANG – Tahapan Pilkada, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden sudah dimulai. Kendati demikian, suasana politik di Kota Padang masih tetap kondusif dan terkendali walaupun agak lebih panas sedikit dari biasanya.

Hal itu diakui oleh Kepala Kesbangpol Kota Padang, Mursalim menjawab Singgalang di Padang, Kamis (5/10). Disebutkannya, dalam proses pesta demokrasi mulai memanasnya situasi politik memang wajar. Sebab, gesekan-gesekan memang pasti terjadi tetapi masih dalam batas yang wajar.

Guna mengatasi itu, Kesbangpol pun menyiapkan desk pilkada yang memantau segala aktivitas yang berkaitan dengan pesta demokrasi tersebut.

Disebutkannya, di desk pilkada tersebut terdapat anggotanya walikota dan anggota Muspida lainnya. Melalui desk itu dipantau kinerja penyelenggara pesta demokrasi tersebut seperti apakah tersedia surat suara yang cukup dan dibagikan kepada pemilih.

Bila terjadi pelaksanaan tak sesuai dengan aturan maka deks pilkada segera mengkoordinasikannya dengan penyelenggara yang dalam hal ini KPU Kota Padang.

Ditanya berkaitan dengan pileg, Mursalim menjelaskan, ada sebanyak 11 partai peserta pileg pada pemilu 2014 lalu yang ikut pada pemilu 2019 dan sudah terdaftar di Kesbangpol. Lalu, ditambah dengan 5 partai baru yang telah terdaftar di Kesbangpol. (syawal)