Batasan Tweet Kini hingga 280 Karakter

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA – Twitter baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka membuka batasan tweet menjadi 280 karakter dalam upaya menarik lebih banyak pengguna. Langkah ini juga diharapkan bisa meningkatkan keterlibatan pengguna dalam jejaring sosial.

“Kami memperluas batas karakter! Kami ingin lebih mudah dan cepat bagi setiap orang untuk mengekspresikan diri mereka,” ujar Twitter dalam situsnya, seperti dilansir Japantoday, Rabu (8/11/2017).

Sebelumnya, perusahaan telah melakukan pengujian untuk meningkatkan jumlah dari 180 karakter di sebagian besar bahasa pada awal September. Perubahan ini akan diluncurkan dalam semua bahasa, kecuali bahasa Jepang, Korea, dan China.

Twitter, yang telah dinilai telah tertinggal dari jejaring sosial lainnya dalam pertumbuhan pengguna berjuang untuk mencapai profitabilitas. Perusahaan menghadapi dilema mengenai perubahan karena hal itu bisa menjauhkan pengguna lama dan mengubah sifat layanannya.

Manajer produk Aliza Rosen mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa tes tersebut menunjukkan kebanyakan orang masih menggunakan 140 karakter atau kurang, menunjukkan bahwa sifat Twitter yang bergerak cepat.

Twitter mulai melihat batas baru. “Jadi setiap orang di seluruh dunia bisa mengekspresikan diri dengan mudah dalam tweet,” kata Rosen.

“Tujuan kami adalah untuk membuat ini mungkin sambil memastikan kami menjaga kecepatan dan keringkasan yang membuat Twitter, Twitter. Melihat semua data, kami senang dapat berbagi bahwa kami telah mencapai tujuan ini dan menggulirkan perubahan ke semua bahasa di mana memadatkan (karakter) adalah sebuah masalah,” jelasnya.

Meskipun demikian, tampaknya tidak semua pengguna akan senang dengan pembaruan ini. Beberapa pengguna khawatir tweet yang lebih panjang bisa mengubah sifat platform media sosial itu. (aci)

agregasi okezone1