Batuk Tak Kunjung Sembuh dan Sakit Tenggorokan Bisa Jadi Awal Kanker

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

SETIAP virus atau bakteri yang masuk ke tubuh, sistem imun akan melawannya. Nah, proses penghadangan partikel jahat tersebut biasanya memberikan respon langsung di tubuh. Demam atau ngilu di tubuh yang biasanya terjadi.

 

Tapi, apa jadinya kalau virus dan bakteri itu tidak terdeteksi tubuh? Apalagi bicara kanker, pasti membuat Anda was-was tak berkesudahan. Ya, ada beberapa tanda atau gejala kanker yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat. Gejala tersebut bahkan dianggap sepele sehingga penanganan dianggap tidak penting. Barulah, setelah kondisi memburuk, diagnosis dilakukan.

Apa saja gejala kanker yang jarang diketahui tersebut? Dilansir dari Health Kart,  berikut tanda-tandanya:

 

1. Neoplasma kulit

Neoplasma dianggap sebagai tanda kanker payudara. Mereka datang bersama dengan knot keras di payudara atau ketiak, iritasi atau ruam pada titik yang sama, atau juga adanya perubahan bentuk yang tidak biasa.

2. Batuk terus-menerus

Batuk tak berkesudahan dianggap sebagai gejala kanker paru-paru. Ini terjadi bersamaan dengan gejala seperti penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan yang mendadak. Pada tahapan selanjutnya, kanker paru-paru juga biasanya dikenali dengan batuk darah dan sesak napas yang tak terobati.

3. Perubahan fungsi usus

Kanker di daerah usus dapat menyebabkan gejala seperti darah dalam tinja, purulen, dan buang air besar secara spontan.

4. Sekresi saat buang air kecil

Kondisi demikian bisa menjadi gejala dari kanker ginjal. Kondisi selanjutnya yang mungkin terjadi adalah pendarahan saat kencing, hipertensi, nyeri pada ginjal, dan kelemahan kronis.

5. Penurunan berat badan drastis

Penurunan berat badan yang tiba-tiba bisa terjadi bila Anda menderita kanker perut. Beberapa gejala yang mengikutinya adalah rasa jijik terhadap daging, anemia, dan kesulitan dalam pergerakan makanan melalui perut.

6. Sakit Tenggorokan

Rasa sakit tenggorokan yang berlangsung lama bisa menjadi gejala kanker laring. Hal ini juga terkait dengan kesulitan bernapas dan menelan atau merasa ada benjolan di tenggorokan.

7. Sariawan tak kunjung sembuh

Kondisi ini dianggap menjadi tanda dari kanker mulut. Tapi, tidak berarti demikian juga. Kondisi lain yang perlu diperhatikan adalah gusi dan kondisi keseluruhan bagian dalam mulut. (aci)

agregasi okezone1