Begini Cara agar Gigi Anda Tetap Putih Meski Rutin Minum Kopi

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PENCINTA kopi. Banyak artikel yang menyatakan bahwa kopi itu sangat baik bagi kesehatan. Salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Di luar manfaatnya yang baik, kopi menyimpan keburukan yang berhubungan dengan penampilan. Ya, kopi bisa membuat gigi Anda lebih kuning. Masalah ini yang kemudian membuat banyak orang khawatir terhadap keindahan gigi putihnya yang menawan.

Tapi, kekhawatiran itu tidak perlu Anda rasakan. Pasalnya, ada cara-cara sederhana yang bisa meminimalisir noda kuning akibat kopi yang Anda minum setiap hari. Dilansir dari Daily Mail, berikut tips dari Dokter gigi New York City Dr Eunjung Jo dari Astor Smile Dental:

1. Gunakan sedotan

Minum kopi dengan sedotan diyakini mampu mengurangi jumlah cairan penyebab-noda yang bersentuhan langsung dengan gigi Anda. Dr Jo mengatakan jika Anda merasa aneh menyeruput minuman panas melalui sedotan, pastikan untuk menggunakan cup tutupnya. Jangan sekali-kali menggunakan cangkir dan meminum langsung kopi dari bibir cangkir.

2. Menggunakan floss

Pernah melihat benang khusus gigi. Ya, alat itu dipergunakan untuk membersihkan sela-sela gig yang mungkin tidak bisa terjangkau sikat gigi. Dr Jo menekankan perlunya benang untuk membersihkan plak di antara gigi. Plak menarik noda, sehingga mengurangi plak pada umumnya akan mengurangi pewarnaan di permukaan gigi.

3. Minum banyak air

Ternyata tidak hanya sebagai pengendali asam perut, mengonsumsi air putih banyak setelah minum kopi berfungsi sebagai penjaga gigi dari noda kuning. Perlu Anda ketahui, asam kopi bisa memecah gigi. Air minum akan membantu membersihkan cairan gelap dari gigi.

Dr Jo mengatakan, email gigi Anda mulai rusak pada tingkat PH 5,5 dan kebanyakan kopi memiliki tingkat PH 6,3. Dokter merekomendasikan empat liter air sehari dan tiga liter sehari untuk wanita, ya!

4. Jangan langsung sikat gigi setelah minum kopi

Kopi memiliki peran yang sangat kuat dalam memberikan warna kuning di gigi, selain anggur dan rokok. Karena itulah penting untuk menyikat gigi secara rutin. Tapi, Dr Jo memperingatkan agar tidak langsung sikat gigi setelah minum kopi. “Anda harus menunggu setidaknya satu jam untuk menetralisir asam,” katanya.

5. Mengunyah permen karet

Permen rendah gula gula, menurut American Dental Association Seal, terbukti secara ilmiah mampu melindungi gigi. “Kunyah permen karet bebas gula untuk mempromosikan air liur di mulut lima menit setelah minum atau makan,” kata Dr Jo. Aliran air liur yang meningkat dapat membantu menetralkan dan membersihkan asam dan plak pada gigi.

6. Pergi ke dokter gigi

Jika Anda merasa noda kuning di gigi sudah sangat menggangu, sebaiknya Anda langsung datang ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang benar. Dr Jo mengingatkan setiap orang untuk mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan gigi dua kali dalam setahun. Penanganan dokter professional juga menjamin gigi Anda lebih bersih dan sehat.

Oh iya, jangan khawatir sekarang ini dokter gigi juga sudah menyediakan pelayanan pemutihan gigi yang professional. Jadi, jangan khawatir ketika menemukan adanya noda kuning di gigi. (aci)

agregasi okezone1