Belum Rekam e-KTP, Ribuan Warga tak Ikut Pemilu

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

PADANG – Ribuan warga di Mentawai dan Payakumbuh terancam tidak dapat menggunakan hak pilih. Karena mereka belum merekam kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

“Warga yang tidak memiliki e-KTP elektronik atau surat keterangan telah melakukan perekaman dari Dinas Kependudukan dan Capil setempat, memang tidak bisa memberikan hak pilih sesuai UU Nomor 10 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota,” jelas Ketua KPU Payakumbuh Hetta Mambayu dihubungi dari Padang, Kamis (27/10).

Dikatakannya, KPU tentu melaksanakan tugas sesuai aturan perundang-undangan, karena itu tidak dapat memberikan kelonggaran.

Meski demikian, ia tidak menampik ada kemungkinan perubahan aturan menjelang pemilihan pada 15 Februari 2017 agar partisipasi pemilih bisa meningkat.

Sementara Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Mardi mengatakan data terakhir perekaman data e-KTP di Mentawai baru 80,39 persen atau 48.429 orang dari 60.241 wajib KTP. (yose)