Benamkan United, City Kukuh di Puncak Klasemen

MANCHESTER – Laga Derby Manchester edisi ke-172 sepanjang sejarah berlangsung di Old Trafford, Sabtu (10/9) malam WIB. Laga berlangsung sengit sejak menit awal, namun Manchester City sukses menaklukkan Manchester United dengan skor tipis 2-1. Kemenangan tersebut membuat City kukuh di puncak klasemen .

Intensitas pertandingan langsung memanas sejak peluit awal pertandingan dibunyikan. City sebagai tim tamu tidak gentar dengan atmosfer Old Trafford. Beberapa serangan dari David Silva dilancarkan, namun belum menemui sasaran.

Tidak mau kalah, Setan Merah yang bertindak sebagai tuan rumah melakukan tekanan balik kepada The Citizens. Peluang pertama didapatkan pada menit 6. Paul Pogba mendapatkan umpan dari Henrikh Mkhitaryan, lalu diteruskan dengan tendangan yang masih melambung.

De Bruyne membuka keunggulan! Kecerdikan pemain asal Belgia memanfaatkan salah antisipasi Daley Blind dapat dimaksimalkan menjadi gol. Sepakan kerasnya mengecoh David De Gea. Skor berubah menjadi 1-0 untuk City.

Kejadian unik terjadi pada menit 22. Ketika bola keluar lapangan dan Rooney bermaksud ingin mengambilnya, Pep Guardiola yang memegang bola malah menghalangi dengan menyembunyikan bola di belakangnya. Situasi lalu memanas karena Rooney terlihat emosi.

Selepas tertinggal, anak asuh Jose Mourinho tetap mempertahankan intensitas serangan mereka. Namun, rapatnya barisan pertahanan City tak mampu ditembus oleh para pemain Setan Merah. Mkhitaryan, Rooney, dan Ibrahimovic jadi saluran serangan United.

Gol lagi untuk Man City! Kini giliran Kelechi Iheanacho yang mencatatkan namanya di papans skor. Berawal dari tendangan De Bruyne yang membentur tiang, bola liar lalu disambar oleh Iheanacho. Skor berubah 2-0.

Gol untuk United! Setelah menunggu akhirnya Setan Merah mendapatkan gol melalui Zlatan Ibrahimovic! Kali ini kesalahan dari Bravo dimanfaatkan dengan baik oleh Ibra. Tendangan kung funya menembus jala gawang. Skor 1-2. Kedudukan bertahan hingga akhir babka pertama.

Di babak Kedua, Setan Merah membuka babak kedua dengan impresif. Peluang pertama didapatkan melalui sepakan Ibrahimovic dari jarak dekat. Peluang tersebut tercipta berkat kecerdikan Marcus Rashford yang mampu men-deliver bola dengan presisi.

Tempo permainan masih sama cepatnya seperti babak pertama. Namun, Man United kini jauh lebih menguasai pertandingan. Berbagai percobaan serangan dilakukan oleh Rooney dan kawan-kawan, namun belum menemui hasil.

Gol untuk United! Sepakan Rashford tak mampu dibendung oleh Bravo. Sayangnya gol dianulir wasit Mike Clattenburg karena bola terkena Ibra yang berada di posisi offside. United masih berusaha keras mencuri gol penyama kedudukan.

Berbagai percobaan serangan dilakukan oleh Man United menjelang akhir-akhir pertandingan. Namun hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan City tetap bertahan. Kemenangan ini sekaligus membuat City kukuh di puncak klasemen.(aci)

agregasi okezone1