Beredar Nama Jonan Hingga Arcandra Dilantik Sebagai Menteri dan Wamen ESDM

Arcandra Tahar  (okezone.com)
Arcandra Tahar (okezone.com)

JAKARTA – Siang ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Menteri dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pelantikan dilakukan di Istana Negara usai ibadah Salat Jumat.

Beredar sejumlah nama yang dikabarkan akan mengisi posisi Menteri ESDM. Mulai dari Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar, Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan hingga Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo.

Dari ketiga nama tersebut, calon kuat yang mengisi jabatan Menteri ESDM adalah Arcandra Tahar. Dia pernah menjabat sebagai President Direktur Petroneering di Houston. Sebuah perusahaan pengembangan teknologi dan enginering yang fokus dalam desain dan pengembangan kilang offshore.

Dia memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di bidang hidrodinamika dan offshore. Arcandara juga sempat menjabat sebagai Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said. Namun kepemimpinannya di sektor energi hanya bertahan selama 20 hari karena kasus dwi kewarganegaraan yang dia miliki.

Sekadar Informasi saja, selama ini Kementerian ESDM dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan. (aci)

agregasi okezone1