Beruang Madu Masuk Kampung, Warga Garagahan Cemas

Beruang madu. (rusmel)

LUBUK BASUNG – Beruang madu masuk ke permukiman warga di Kampung Labu Pacah, Jorong Ampek, Garagahan, Agam. Hal itu membuat warga cemas.

Salah seorang warga Johan Kamis (21/12/2017) menyebutkan, beruang yang dalam bahasa latinnya helarctos malayanus itu muncul Senin (18/12). Seorang warga bernama Tampuo sempat dikejar. Mujur warga itu selamat. Hanya celananya yang koyak terkena  cakaran beruang yang disebut barebeh di kampung itu.

Beruang itu menurut Johan sudah lama ada di sana. Tidak pernah mengganggu warga. Tapi kali ini sudah menyerang. Dari hasil penglihatan beberapa warga beruang tersebut terluka. Mungkin itu yang menyebabkan beruang itu marah.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam Syahrial Tanjung yang juga didampingi bagian pengendalian ekosistim Ade Putra menjelaskan, tim turun kelapangan. Rencananya tim akan menangkap beruang itu untuk dipindahkan.

Untuk sementara BKSDA Resort Agam telah melakukan pengusiran terhadap beruang madu itu dengan aksi bunyi-bunyian. Aksi itu dilakukan Rabu (20/12) malam.

Apabila beruang madu tersebut masih berada di daerah itu, maka akan dipasang perangkap. Lokasi munculnya beruang itu dekat dari pemukiman warga dengan jarak sekitar 200 meter.

Menurut Syahrial penyebab munculnya beruang itu disebabkan karena perkebunan warga sedang berbuah dan beruang tersebut sedang terluka.

Hal itu disebutkan Syahrial berdasarkan keterangan warga yang melihat beruang itu, yang dibenarkan Kepala Dusun Labu Pacah, Adris Mulyadi. (lukman)

Loading...
BAGIKAN