Besok, Hari Jadi Kota Sawahlunto Dimeriahkan dengan Makan Bajamba

Ninik mamak dari 9 Nagari di Sawahlunto tengah makan bajamba meriahkan Haji Kota Sawahlunto Ke-127 lalu. (dok. armadison)

Ninik mamak dari 9 Nagari di Sawahlunto tengah makan bajamba meriahkan Haji Kota Sawahlunto Ke-127 lalu. (dok. armadison)
SAWAHLUNTO – Puncak Hari Jadi Kota Sawahlunto (HJKS) Ke-128 akan dimeriahkan dengan makan bajamba bersama ninik mamak, bundo kanduang, stakeholder kota dan undangan lainnya di Lapangan Segitiga Ombilin, Kamis (1/12).

Jamba atau hidangan yang disusun di atas dulang sebagai makan siang bersama menjadi tradisi setiap HJKS. Jamba itu sumbangan dibawa para bundo kandungan dari sembilan nagari di Sawahlunto. Lalu, jamba yang lengkap dengan lauk dan sayur serta buah di atas dulang di makan bersama sambil duduk balapak.

Sebelumnya, HJKS diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sawahlunto yang dipimpin Wakil Ketua Weldison. Usai itu rombongan berjalan kaki menuju Lapangan Segitiga tempat puncak acara HJKS Ke 128.

Hari Jadi Kota Sawahlunto Ke-128 akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy,  Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Warga
Sawahlunto di perantauan misalnya dari Ikatan Keluarga Sawahlunto, Jakarta.

Direncanakan Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Gubernur Irwan Prayitno dan perwakilan Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Sawahlunto, Jakarta (Bakor IKSJ) akan turut menyampaikan sambutan. Makan bajamba akan diawali dengan pidato adat yang diantarkan ninik mamak dari salah satu nagari di Sawahlunto. (adn)