Besok Pemilihan Walinagari di Tanah Datar Serentak, Ayo ke TPS!

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

BATUSANGKAR – Warga Tanah Datar yang sudah ditetapkan menjadi pemilih, Rabu (13/9) besok, diimbau agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memberikan hak suara pada pemilihan walinagar (pilwana) serentak.

“Setiap warga yang sudah berhak memilih diminta agar segera memberikan hak suara mereka, sesuai dengan jadwal dan TPS yang sudah ditentukan,” ujar Sekretaris Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten, Enki Trinanda, kepada Singgalang, kemarin, di Pagaruyuang.

Enki menjelaskan, pemungutan suara akan dilakukan secara serentak pada 54 dari 75 nagari yang tahun ini menyelenggarakan pilwana serentak.

Dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2017, ujarnya, pemberian hak suara untuk memilih walinagari dilakukan di TPS-TPS yang sudah ditetapkan panitia pemilihan dengan ketentuan, tambanya, pemilih hanya dapat memberikan suaranya kepada satu orang calon yang berhak dipilih. Sedangkan pemilih yang berhalangan hadir karena sesuatu alasan, tidak dapat diwakilkan dengan cara apapun.

Menurut Enki, pada 54 nagari itu tercatat sekitar 198 orang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Kita berharap partisipasi pemilih sesuai denga DPT, tetapi minimal angka 80 persen akan dapat dicapai berkat partisipasi semua pihak,” ucapnya.

Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma mengajak segenap masyarakat pada nagari-nagari yang menggelar pilwana.

“Mari kita jadikan pilwana serentak ini sebagai proses demokrasi guna menciptakan pemerintahan nagari yang demokratis. Semua pihak diminta menjaga stabilitas dan keamanan, sehingga apa yang menjadi harapan bersama dapa terwujud,” ujar Irdinansyah.

Pilwana serentak untuk memilih 54 orang walinagari ini, diikuti 233 orang calon walinagari. Ini merupakan pengalaman pertama bagi masyarakat Tanah Datar dalam melakukan proses pemilihan walinagari secara serentak, sesuai dengan ketentuan Perda Nomor 1 Tahun 2017 dan Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan pemilihan walinagari di Kabupaten Tanah Datar. (mus)