Besok, Tersangka Penyuap Irman Gusman Dihadirkan di PN Padang

Pengadilan Negeri Padang (rahmat zikri)
Pengadilan Negeri Padang (rahmat zikri)

PADANG – Terdakwa kasus dugaan penjualan gula non-SNI, Xaveriandy Sutanto kemungkinan besar hadir dalam sidang lanjutan perkara tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Padang besok, Selasa (11/10).

Sumber SINGGALANG menyebutkan, tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman pukul 07.55 WIB pagi.

Dengan menumpangi Pesawat Garuda Indonesia, Tanto dikawal petugas KPK dan kepolisian. Ia akan langsung dibawa ke PN Padang untuk menghadiri sidang kasus gula dengan barang bukti 30 ton itu.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Padang, Rusmin, Senin (10/10) mengatakan kemungkinan besar pengusaha gula yang saat ini ditahan KPK atas dugaan suap terhadap mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman itu akan dihadirkan pada sidang lanjutan tersebut.

“Kemungkinan besar terdakwa gula ilegal dan tanpa Standar SNI seberat 30 ton, yang juga menjadi tahanan KPK akan dihadirkan dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Padang besok,” katanya.

Hal ini mengingat koordinasi yang dilakukan jaksa kepada KPK melalui surat, telah mendapatkan jawaban. “Kami sebelumnya koordinasi dengan KPK melalui surat agar terdakwa yang saat ini ditahan di Jakarta, bisa dihadirkan ke Padang. Kami telah menerima surat balasan dari KPK, beberapa hari lalu,” jelasnya. (rahmat/arief)