BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi pada 2017 5,4 Persen

 

Agus Martowardojo  (net)
Agus Martowardojo (net)

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memproyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini 5%. Namun untuk tahun depan, pertumbuhan ekonomi 2017 akan membaik dan berada di kisaran 5% sampai 5,4%.

“Di 2017 kami memproyeksikan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,0-5,4%, dengan struktur perekonomian yang lebih banyak ditopang permintaan domestik,” papar Gubernur BI Agus Martowardojo dalam pertemuan tahunan BI di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (22/11).

Dia menuturkan, pemanfaatan potensi yang ada akan memengaruhi keyakinan dan gairah swasta untuk beraktivitas. Keyakinan swasta untuk kembali bergairah di tengah masih lemahnya perekonomian global akan menjadi penentu bagi pertumbuhan ekonomi menjadi lebih cepat.

Sementara itu, inflasi akan berada dalam kisaran targetnya sebesar 4,0±1% di tahun 2017, sejalan dengan komitmen Bank Indonesia mengarahkan inflasi sesuai dengan sasarannya.

Dengan prospek perekonomian tersebut, BI memperkirakan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada tahun 2017 dalam kisaran 9-11%, kredit dan pembiayaan perbankan dalam kisaran 10-12%.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan diperkirakan sedikit meningkat sejalan dengan intensifnya proyek- proyek infrastruktur, namun tetap pada level yang sehat di bawah 3%.

Menurutnya, implementasi reformasi struktural akan menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi yang semakin solid pada jangka menengah. Reformasi struktural yang berjalan akan meningkatkan produktivitas sehingga perekonomian meningkat ke tingkat yang lebih tinggi.

“Pertumbuhan yang tinggi dan struktur yang lebih baik tersebut pada gilirannya akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan menghindarkan perekonomian dari middle income trap,” tukasnya. (aci)

agregasi okezone1