BNNP Imbau Pengguna Narkoba Melaporkan Diri

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PARIK MALINTANG – pengguna narkoba di Sumbar yang ingin sembuh dari kecanduan diimbau segera melaporkan diri ke kantor kepolisian terdekat, ke Badan Narkotika Nasional kabupaten/kota atau datang langsung ke kantor BNN
Provinsi Sumbar di Padang.

“Melapor bisa diantar oleh keluarga atau dengan kesadaran sendiri. Tinggal datang saja. Nanti akan kita dampingi dan periksa dulu secara medis,” kata Kepala BNNP Sumbar, M. Ali Azhar menjawab Singgalang di sela-sela pelaksanaan tes urine kepada anggota DPRD Padang Pariaman, Rabu (12/10).

Pada tahap pendampingan dan pemeriksaan, pengguna akan dipastikan dulu sudah berapa lama mengonsumsi narkoba dan zat narkoba jenis apa yang dipakai. Kemudian kepada yang bersangkutan akan diberikan obat yang sesuai dengan zat narkoba yang biasa dia pakai.

Dikatakan, pengguna narkoba yang masih dalam tahap coba-coba, biasanya hanya dalam delapan kali pertemuan sudah bisa sembuh. Kalau yang bersangkutan statusnya sebagai pemakai tetap, dia harus menjalani rawat inap selama tiga bulan sampai enam bulan.

Rawat inap bisa dilaksanakan RS HB Saanin Padang atau dikirim ke rumah sakit pusat rehabilitasi narkoba di Lido, Sukabumi. Keluarga tak perlu keluarkan biaya. Semua biaya selama proses rehabilitasi pecandu narkoba ditanggung oleh negara.

Di Sumbar ada 29 Intitusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang siap menerima laporan dan menampung pecandu serta korban narkoba yang ingin berobat. Pokoknya, kalau ingin berhenti menggunakan narkoba silahkan melapor. Mau itu melapor ke Polsek, Polres, Polda, BNNK atau BNNP. (tomi)