BNPT/FKPT Ajak Dai Sumbar Redam Radikalisme

PADANG – Untuk meningkatkan kinerja penanggulangan terorisme di seluruh wilayah Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus menggalang kekuatan segenap masyarakat untuk menghadang radikalisme dan terorisme.

Melalui Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang kini telah ada pada 32 provinsi, BNPT memberikan informasi yang berimbang tentang radikalisme dan terorisme, sekaligus menggalang kekuatan segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan dini terhadap bahaya radikalisme dan terorisme.

Ini pula yang akan dilakukan BNPT bersama FKPT Sumbar, Kamis (15/9) di Istana Bung Hatta Bukittinggi. Menggandeng para dai, BNPT/FKPT mendorong penyebaran Islam damai untuk mencegah penyebaran paham radikal di masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber antara lain guru besar UIN Sumut Syahrin Harahap, dan peneliti dari The Nusa Institute, Mas’ud Halimin.

Sementara narasumber dari Sumatera Barat adalah Zaim Rais, akademisi IAIN Imam Bonjol dan Zul Aliman, Kaban Kesbangpol Sumbar dengan moderator sekum PWI Sumbar Eko Yanche Edrie dan aktifis pemuda dan dakwah Agus Rianto.
Kegiatan ini dihadiri 150 dai se-Sumatera Barat dan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga sore.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para dai mampu memainkan peran yang lebih signifikan dalam membentengi masyarakat dari penyebaran paham radikal dan terorisme, yakni dengan dakwah yang baik dan benar sesuai dengan nilai-nilai utama Islam. (rahmat)