Bos Mafia Italia Ditangkap di Bunker Rumahnya

Bos mafia Italia Antonio Pelle saat ditangkap 2008. (okezone)
Bos mafia Italia Antonio Pelle saat ditangkap 2008. (okezone)

REGGIO CALABRIA – Kepolisian Italia berhasil menangkap bos mafia yang menjadi buronan nomor satu di Negeri Pizza. Pria bernama Antonio Pelle itu ditangkap saat bersembunyi di bunker rumahnya, lima tahun setelah melarikan diri dari sebuah kunjungan ke rumah sakit.

Pria berusia 54 tahun itu masuk dalam daftar bos mafia paling berbahaya di Italia yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Antonio Pelle terancam hukuman 20 tahun penjara atas kepemilikan narkotika, menyelundupkan senjata, dan menjadi anggota sebuah klan mafia.

Pria asal Calabria itu ditangkap saat bersembunyi di atas sebuah lemari di rumahnya di Benestare. Polisi berhasil membujuknya untuk turun dari atas lemari. Pelle bersembunyi di dalam ruangan yang pintu masuknya ditutupi oleh lemari tersebut. Dalam ruangan itu, terdapat kasur, kipas angin, beberapa botol air, dan uang tunai yang disembunyikan.

“Sebanyak 50 polisi dikerahkan untuk menggeledah sebuah vila di mana Pelle dulu tinggal. Butuh kejelian tingkat tinggi untuk menemukan tempat persembunyiannya,” ujar Komandan Polisi Fransesco Ratta, disitat Reuters, Kamis (6/10/2016).

Pelle ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara pertama kali pada 2008. Namun, ia berhasil melarikan diri pada 2011 saat meminta perawatan medis di rumah sakit. Kejaksaan meyakini Antonio adalah otak dari klan mafia Pelle-Vottari. Kelompok yang dikenal dengan nama ‘Ndrangheta itu adalah kelompok mafia paling berpengaruh dan bergelimang harta selama dua dekade terakhir.

Status tersebut diperoleh karena ‘Ndrangheta adalah importir kokain terbesar dari Amerika Selatan di Eropa. (aci)

agregasi okezone1