BPBD Agam Pasang 40 EWS di Tanjung Raya

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

LUBUK BASUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam memasang Early Warning System (EWS) atau alat sistem peringatan dini bahaya longsor di empat jorong di Kecamatan Tanjung Raya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Maizul Hendri kepada Singgalang, Jumat (7/10) mengatakan, dalam waktu dekat  sebanyak 40 unit EWS ini dipasang di Jorong Pandan, Galapuang, Mungko Jalan dan Batu Nangai.

“Alat ini dapat mendeteksi ancaman pergerakan tanah pada saat musim penghujan. “Daerah ini merupakan lokasi rawan longsor saat curah hujan tinggi,” katanya.

Dana untuk pengadaan 40 unit EWS ini sebesar Rp3,4 miliar yang berasal dari kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi 30 September 2009. Dana ini berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pemasangan EWS ini bertujuan agar masyarakat sekitar bisa mengetahui pergerakan tanah, sehingga mereka bisa melakukan evakuasi sebelum longsor itu terjadi, sehingga akan mengurangi resiko bagi korban.

“Bila alat berbunyi dengan sendirinya, warga sudah mengetahui akan ada longsor dan warga diminta siap siaga dan mencari lokasi yang lebih aman,” jelasnya.

Sebelumnya, Agam juga memasang dua unit EWS di Kecamatan Malalak. dan satu unit di Palembayan. EWS ini bantuan dari BNPB bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM). (210)