Buah Ini Dipercaya Bisa Menangkal Virus HIV

Buah Merah (buahmerahpapua.org)
Buah Merah (buahmerahpapua.org)

SEMARANG – Sepintas buah ini terlihat seperti Nangka atau Cempedak. Namun apabila sudah masak, kulitnya berubah warna menjadi merah kehitaman. Sesuai warnanya, penduduk Papua menyebut buah ini dengan nama Buah Merah.

Uniknya, Pohon Buah Merah hanya bertumbuh di Bumi Cendrawasih. Penduduk setempat mempercayai buah ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Pada intinya, buah ini untuk kekebalan tubuh Kita, sehingga Kita memiliki daya tahan yang tinggi,” kata Pembina Petani warga Papua, Endro Dwi Pratomo, saat ditemui di sela-sela pameran Semarang Tourism, Craft and Investment, Semarang, Jawa Tengah.

Endro menuturkan Buah Merah memiliki banyak khasiat. Antara lain, mampu meredakan penyakit asam urat reumatik, kanker, tumor, stroke, diabetes, jantung, dan meningkatkan kecerdasan, serta gairah dan kesuburan.

Bahkan, kata Endro, banyak penderita HIV/AIDS di Papua menjadikan buah ini sebagai obat peningkat daya tahan tubuh. “Sehingga daya tahan tubuh mereka tidak mudah turun. Intinya Buah Merah ini akan meningkatkan daya tahan tubuh. Itu berdasarkan pengalaman orang yang kena HIV/AIDS,” terangnya.

Cara merasakan khasiat Buah Merah ini tidak dengan memakannya seperti kita mengkonsumsi buah-buahan. Buah Merah harus lebih dulu diubah menjadi minyak buah.

“Proses pembuatannya, Buah Merah dipetik kalau warnanya sudah merah semua. Kita belah, dan daging di tengahnya Kita buang. Kemudian dikukus sampai mendidih, sampai bijinya terkupas keluar buih-buih putih,” jelas Endro.

Setelah mendidih, air rebusan Buah Merah tersebut disaring hingga bersih dari ampas. “Air saringan itu kita rebus lagi dengan api kecil sampai keluar minyak. Minyaknya kita angkat pelan-pelan dengan sendok,” terang Endro.

Menurut Endro, satu Buah Merah ukuran sedang mampu menghasilkan minyak Buah Merah seberat 200 cc. Di Papua, Buah Merah menjadi komoditi bagi petani Mimika, Kabupaten Timika. “Buah Merah panennya sekali per tahun. Satu pohon biasanya menghasilkan lima sampai sepuluh Buah Merah,” tegas Endro. (aci)

agregasi okezone1