Bukan Hayono Isman, Malkan Amin Plt Ketua DPW NasDem Sumbar

Malkan Amin (net)
Malkan Amin (net)

PADANG – Plt. Ketua DPW NasDem Sumbar seperti yang beredar di berbagai media kemarin adalah Hayono Isman, petinggi DPP NasDem, salah. Yang benar adalah M. Malkan Amin, salah seorang ketua DPP di partai besutan Surya Paloh ini.

“Tadi siang, diputuskan Ketum DPP NasDem Surya Paloh, saat menerima pengurus DPD NasDem Sumbar dan kabupaten/kota se-Sumbar di Jakarta,” kata Ketua DPD Partai NasDem Padang, Apris, Kamis (14/9).

Apris menyebutkan, Malkan Amin ditetapkan sebagai Plt. Ketua DPW Partai NasDem Sumbar, menggantikan Ketua DPW NasDem Sumbar Syamsu Rahim. Penggantian pucuk pimpinan ini seperti berita yang beredar kemarin dikarenakan perseteruan antara Syamsu Rahim dengan Endre Syaifoel atau Haji Wen, juga tidak benar.

Apris mengaku sempat terkejut mendengar kabar itu dan beredar beritanya di berbagai media dan tentu saja berdampak kepada Partai NasDem. Padahal antara Syamsu Rahim dan Haji Wen akur-akur saja.

“Yang benar terkait penggantian kepemimpinan di DPW NasDem Sumbar adalah, karena mosi tak percaya kepada Syamsu Rahim. Dari 19 kabupaten/kota, 16 DPD di antaranya menandatangani surat mosi tak percaya tersebut. Kejadian ini sudah sejak tujuh bulan lalu,” kata Anggota DPRD Sumbar.

Melihat hal ini, DPP pun turun tangan lantas mengutus Hayono Isman untuk terjun ke Sumbar mencari tahu apa persoalan sesungguhnya. Hasil tinjauan inilah menjadi catatan bagi DPP sehingga kepemimpinan NasDem Sumbar diganti.

Surya Paloh dalam kesempatan itu juga minta kepada Syamsu Rahim tetap berada di NasDem dan diplot untuk mencaleg di DPRD Sumbar. Dengan sasarannya menjadi ketua DPRD Sumbar, minimal wakil ketua. “Tentu semua pihak harus bekerja keras membesarkan NasDem,” kata Surya Paloh seperti ditirukan Apris.

Mendapat amanah dari Surya Paloh, Syamsu Rahim juga menyatakan kesiapannya. Sedangkan Haji Wen, Surya Paloh memerintahkan untuk maju kembali sebagai Caleg DPR. Jadi, antara Syamsu Rahim dan Haji Wen tak berseteru, justru diminta Ketum DPP NasDem untuk berkolaborasi membesarkan partai. (pen)