Berita Singgalang | Padang

BUNGUS RAWAN LONGSOR : Pemudik Diminta Hati-hati

Tanggal 05 August 2013

PADANG — (SYAWALDI & WAHYU, Wartawan Muda) — Para pemudik dan pengendara kendaraan bermotor yang melewati kawasan Bungus Teluk Kabung, diminta ekstra hati-hati. Soalnya, kawasan ini merupakan salah satu titik dari enam titik rawan terjadi longsor di Kota Padang. Sebab, kondisi struktur tanah yang labil dan kemiringan tebing cukup tinggi.

Hal itu diimbau Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (PK-PBD), Budhi Erwanto dalam perbincangannya dengan Singgalang, Sabtu (3/7).
Namun demikian, pihaknya telah mensiagakan personel dan peralatan alat berat di setiap daerah yang dianggap rawan bencana tersebut.
Dari peta penyebaran rawan longsor itu, katanya, ada di enam titik. Terutama yang memiliki bukit-bukit terjal seperti dari arah Pesisir, Kuranji dan Kawasan Indarung. Namun, kawasan Bungus dinilai paling rawan terjadi longsor,” jelas Budhi.
Dia menyebutkan, petugas selama lebaran ini memang tetap bertugas seperti biasa. Ini bentuk pelayanan yang dilakukan untuk masyarakat. Sementara, untuk petugas pemadam dan relawan juga siaga di markas sebanyak 100 orang dengan 13 armada.
Sementara itu, pada beberapa kawasan juga telah disiagakan personel dari Kelompok Siaga Bencana (KSB), yakni sebanyak 70 orang. Seperti di sepanjang kawasan Pantai Padang yang juga dilengkapi dengan peralatan, di antaranya perahu karet dan peralatan evakuasi laut lainnya.

Cuaca Buruk
Warga yang hendak mudik diharapkan agar tetap waspada dalam berkendaraan untuk menempuh kampung halaman ataupun bersilaturahmi ke tempat sanak famili. Sebab, diperkirakan dalam sepekan ke depan, hujan dan angin kencang masih akan melanda Kota Padang dan sejumlah kawasan lainnya di Sumatra Barat.
“Kita ingatkan warga agar waspada. Menurut perkiraan BMKG, kemungkinan cuaca buruk masih terjadi dalam sepekan ini. Warga yang hendak mudik diingatkan agar waspada,” kata Budhi.
Dia juga mengingatkan, warga yang berada di luar atau sedang di perjalanan agar mencari tempat perlindungan ketika hujan disertai angin kencang terjadi.
“Sebaiknya mencari tempat perlindungan ketika hujan dan angin kencang terjadi. Tapi, jangan berlindung di bawah pohon karena pohon riskan tumbang,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

 
Advertise Here
Advertise Here

Pojok

  • + SBY terkejut, BCA digeledah
    - Capek minum aia putiah pak…
    + Badan atletis tapi bisa kesurupan
    - Iko bamandian jo aia dingin ubek-e mah…