Bupati dan Walikota di Sumbar Diminta Bentuk Tim Satgas Saber Pungli Wisata

Nasrul Abit (net)
Nasrul Abit (net)

PADANG – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengimbau seluruh bupati/walikota membentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) di bidang pariwisata.

“Kita sedang bergairah untuk membangun sektor pariwisata. Jangan ada pungli karena itu akan meruntuhkan apa yang telah dibangun. Parkir liar, pungli masuk ke tempat wisata, semua harus diberangus,” katanya usai membuka acara konsultasi publik penyusunan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau kecil, Senin (24/10).

Menindaklanjuti Tim Satgas Saber Pungli yang dibentuk oleh kabupaten/kota, akan dibentuk tim pemantau dari provinsi. Pembersihan pungli, menurut Nasrul Abit dapat menjadi pendorong untuk percepatan Sumbar dalam mencapai misi sebagai tujuan wisata halal.

“Positioning sebagai destinasi wisata halal sudah disepakati. Dari hasil Kompetisi Wisata Halal Nasional 2016 Sumbar berhasil memenangi 4 kategori halal. Jangan sampai gara-gara pungli, citra pariwisata kita merosot. Apalagi Sumbar tahun ini disiapkan sebagai destinasi wisata halal andalan untuk kompetisi halal dunia,” terangnya.

Ditegaskan, layanan bebas pungli dan ramah di bidang pariwisata tidak saja harus dilakukan oleh pemerintah ataupun hanya di titik tujuan wisata, melainkan dilakukan menyeluruh oleh pelaku usaha pariwisata dan masyarakat.

“Layanan di bandara juga harus ramah. Kemudahan transportasi menuju lokasi wisata harus mudah jangan ada pembohongan tarif pada wisatawan. Begitupula layanan di rumah makan dan hotel,” pintanya.(yose)