Bupati Senang dengan Kawasan Saribu Rumah Gadang


Bupati Muzni Zakaria berdialog dengan warga usai menunaikan Shalat Subuh. (hendrivon)

PADANG ARO – Kendati sibuk, Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria masih menyempatkan diri bahkan sering menunaikan Shalat Subuh di kawasan Saribu Rumah Gadang,

Hal ini dilakukannya karena senang melihat kawasan SRG.Berkat tangan dingin Bupati Muzni kawasan SRG di Nagari Koto Baru itumeraih juara I nasional perkampungan adat terpopuler.

“Usai Shalat Subuh, saya berjalan kaki menyambangi masyarakat Nagari Koto Baru. Saya bertemu dengan Buk War salah satu pedagang kuliner nusantara yang mendapat bantuan gerobak kuliner dari Pemdkab. Daganganya cukup laris karena biasanya jam 10.00 wib setiap hari dagangannya sudah habis terjual,” kata Muzni, Sabtu (2/12/2017).

Ini salah satu bentuk kekayaan ragam budaya di Indonesia, salah satunya memberi berkah bagi sektor kuliner dan menambah potensi bisnis ekonomi kreatif.

Bupati mengaku senang dengan kondisi rumah gadang khusus di suku Bariang yang rumah gadangnya bisa dibangun dengan berderet deret, bahkan kiri kanan lag. “Luar biasa,” katanya.

Muzni menyarankan agar di setiap rumah gadang dipasangi nama kaum, datuk dan penghuninya. Jadi jika ada tamu tamu jauh yang datang mereka tidak bertanya-tanya lagi.

Selain itu Bupati juga mengajak masyarakat kawasan SRG agar selalu menjaga kebersihan terutama di depan rumah. “Sekalipun bukan sampah kita, namun bersihkan juga,” ajaknya. (von)

 

Loading...
BAGIKAN