Camat Tanjung Raya Pimpin Pembongkaran Keramba di Danau Maninjau

Camat Tanjung Raya, Handria Asm mengkoordinir pelaksanaan pengangkatan, dan pembongkaran sekitar 50 petak Keramba Jaring Apung (KJA), dalam rangka Save Maninjau, Kamis (14/12). (mursyidi)

LUBUK BASUNG – Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, mengkoordinir pelaksanaan pengangkatan, dan pembongkaran sekitar 50 petak Keramba Jaring Apung (KJA), dalam rangka Save Maninjau, yang selama ini menjadi program Pemkab Agam.

Sebelum turun ke lokasi, sekitar 100 orang, yang ikut dalam kegiatan itu melakukan apel bersama di lapangan Medan Nan Bapaneh Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, yang dipimpin Handria Asmi, Kamis (14/12).

Mereka terdiri dari unsur  ASN, TNI, Polri, aparatur kecamatan, nagari, serta warga masyarakat sekitar. Bahkan kegiatan itu juga diikuti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam Hamdi, Kepala Satpol PP dan Damkar Agam Dandi Pribadi.

Handria Asmi mengatakan, pembersihan, dan pembongkaran KJA yang tidak berfungsi tersebut, difokuskan di pinggiran Danau Maninjau.

“Kita telah membagi setiap kelompok untuk pengangkatan KJA, pengangkatan telah disetujui pemilik keramba di setiap jorong, yang berjumlah sekitar 50 petak KJA,”katanya.

Saat ini, pengangkatan dan pembongkaran dilakukan di tiga lokasi, yakni di Jorong Kubu sebanyak 8 petak, Jorong Batuang Panjang 28 petak, Jorong Tanjung Sani 8 petak.

Pembongkaran melibatkan 12 unit speedboot  milik Satgas BPBD Agam, kelompok perikanan, dan warga setiap jorong. (mursyidi)