Cara Toyota Membuat Kabin New Agya Lebih Kedap Suara

Peluncuran New Agya di Padang (deri)
Peluncuran New Agya di Padang (deri)

BANDUNG – Sebelum meluncurkan produk baru, termasuk Agya, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan serangkaian penelitian dan pengembangan terlebih dulu. Ada banyak bagian yang diuji, salah satunya membuat kabin Agya lebih kedap suara dibanding generasi sebelumnya.

Suara bising dari luar kabin diupayakan bisa ditekan semaksimal mungkin. Berdasarkan pengembangan tersebut maka tim produk TAM melakukan penyesuaian material baik di kabin maupun ruang mesin.

“Bahannya itu beda dari sebelumnya bukan ditambah tapi bahannya beda. Ada bagian kompartemen mesin yang bertambah, di balik dasbor juga, sehingga suara yang masuk bisa lebih diredam. Jadi kalau menurut saya mobil ini berbeda dengan Agya sebelumnya,” ucap Gandhi Ahimsaputra, product knowledge head TAM.

Berdasarkan hasil uji kebisingan kabin, level new Agya varian 1.0L di angka 62 desibel (dB) sedangkan tipe 1.2L 61,7 dB. Angka tersebut diperoleh saat mobil dilajukan dengan kecepatan 60 kilometer per jam atau pada posisi gigi tiga. Sementara itu dalam posisi berhenti (idle) dengan AC aktif tingkat kebisingan kabin Agya 1.0L 50,2 dB dan 1.2L 49 dB.

“Semakin kecil angkanya semakin kedap kabinnya,” terang Gandhi.

TAM memasarkan new Agya dalam dua tipe mesin yaitu 1 dan 1,2 liter. Berbeda dengan model sebelumnya, Agya terbaru tampil dengan desian eksterior dan interior yang mengalami perubahan signifikan. Tak ketinggalan Toyota juga menyematkan sejumlah fitur keselamatan baru sehinga new Agya lebih aman. (aci)

agregasi okezone1