Carli Lloyd and Cristiano Ronaldo Pesepakbola Terbaik FIFA

Carli Lloyd and Cristiano Ronaldo pesepakbola terbaik FIFA. (okezone)
Carli Lloyd and Cristiano Ronaldo pesepakbola terbaik FIFA. (okezone)

ZURICH—Setelah memutuskan kerja sama dengan France Football untul gelaran FIFA Ballon d’Or 2016, akhirnya FIFA memilih membuat penghargaan tersendiri. Penghargaan tersebut diberikan untuk setiap pelaku sepakbola yang berprestasi sepanjang 2016.

Dalam gelaran yang dilangsungkan di Zurich tersebut, acara pertama adalah pengumuman daftar tim terbaik. Penentuan tim terbaik dilakukan oleh pihak panitia. Kemudian para penggemar sepakbola bisa memilih siapa pemain terbaik yang pantas berada di Tim Terbaik FIFPro 2016.

Terdapa lima nama pemain Real Madrid dalam tim terbaik tersebut sementara Barcelona mengirimkan empat nama disertai satu nama dari Juventus dan dari Bayern Munich.

Usai pengumuman tersebut, acara dilanjutkan dengan memberikan penghormatan kepada para pelaku sepakbola yang meninggal dunia selama 2016. Mantan pemain dan pelatih Barcelona, Johan Cruyff menjadi salah satu yang meninggal dalam 2016.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan untuk fans terbaik. fans Borussia Dortmund dan Liverpool berhasil menarik perhatian anggota FIFA. Keduanya sempat memberikan penghormatan kepada korban Tragedi Hillsborough dengan menyanyikan lagi You’ll Never Walk Alone.

Pelatih Jerman, Silvia Neid berhasil keluar menjadi Pelatih Wanita Terbaik FIFA 2016. Ia mengalahkan pelatih lainnya dari Amerika Serikat.

Atletico Nacional mendapat penghargaan khusus dari FIFA. Rekomendasi mereka kepada CONMEBOL terkait gelar Copa Sudamericana untuk Chapecoense menjadikan Atletico Nacional sebagai pemenang FIFA Fair Play Award.

Pelatih Leicester City, Claudio Ranieri berhasil menjadi pelatih terbaik setelah membawa The Foxes meraih gelar Liga Inggris dalam sejarah klub. Sementara pemain futsal asal Brasil, Falcao mendapat penganugerahan sebagai pemain futsal yang memiliki karier gemilang.

Pemain Malaysia Mohd Faiz bin Subri berhasil meraih gelar Puskas Award karena gol indahnya. Subri menjadi satu-satunya pemain Asia yang meraih penghargaan pada ajang tersebut.

Gelar pesepakbola wanita terbaik jatuh di tangan pemain Amerika Serikat Carli Lloyd sementara acara ditutup dengan pengumuman Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik pria. (lek)

agregasi okezone1